bdadinfo.com

Mega Proyek Tol Trans Sumatera 800 Km Sudah Dibangun, Masih 2.054 Km Lagi Menuju Penyelesaian! Target Lampung ke Medan Tersambung pada 2029 - News

Mega Proyek Tol Trans Sumatera 800 Km Sudah Dibangun, Masih 2.054 Km Lagi (Freepik.com/@4505)

- PT Hutama Karya (Persero) telah melaporkan kemajuan besar dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), dengan 800 km jalan tol telah selesai dibangun.

Meskipun demikian, masih ada tantangan besar di depan, dengan 2.054 km jalan tol yang masih harus diselesaikan.

Baca Juga: Membangun Negeri dari Ujung ke Ujung! PT Hutama Karya Berambisi Menyambungkan Jalan Tol Trans Sumatera Lampung-Medan di Era Prabowo-Gibran, Kebut 2029

Menurut Direktur Utama HK, Budi Harto, perseroan telah diberi tugas untuk membangun JTTS sepanjang 2.854 km, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres No. 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera. 

"Sampai 25 Juni 2024, HK telah membangun 800 km jalan serta direncanakan Tahap I dan sebagian Tahap II (JTTS) selesai 2024 ini," kata Budi Harto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bersama Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Juli 2024.

Dari total 2.854 km, pembangunan JTTS dibagi menjadi empat tahapan.

Baca Juga: Bocah SD di Bandung Minta Polisi Lakukan Hal Ini di Momen Pembagian Rapor di Sekolahnya

Tahap I melibatkan sembilan ruas yang sudah beroperasi sepenuhnya atau sedang dalam tahap konstruksi, yang diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Tahap II meliputi pembangunan jalan tol yang menghubungkan Palembang dengan Pekanbaru, sementara Tahap III akan menghubungkan Pekanbaru hingga Aceh. Tahap IV akan mencakup ruas perbatasan.

Ruas-Ruas yang Telah Beroperasi

Beberapa ruas tol yang telah beroperasi antara lain:

Baca Juga: Membangun Keseimbangan yang Berkelanjutan: Kesehatan, Produktivitas, hingga Kebahagiaan

- Tol Medan-Binjai

- Tol Pekanbaru-Dumai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat