bdadinfo.com

Megah dan Unik, Pembangunan Rest Area di 3 Tol JTTS Capai 90 Persen, Usung Konsep Budaya Setempat dan Berdayakan UMKM Lokal - News

Pembangunan rest area di tiga ruas JTTS telah rampung 90%. (Instagram @pupr_bpjt)

- Keberadaan rest area atau Tempat, Istirahat, dan Pelayanan (TIP) merupakan salah satu bagian penting dari sebuah jalan tol, termasuk di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Pembangunan rest area di ruas JTTS terus dikebut, seperti di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yakni di Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Rest area di tiga ruas JTTS tersebut sebentar lagi akan rampung dibangun dengan progres saat ini telah mencapai 90%.

Baca Juga: Siap Hubungkan Sumatera Utara dan Aceh Tahun Ini dengan Proyek Raksasa Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan 57 km, HKI Tembus Tantangan Ekstrem!

Fungsi dari rest area tidak hanya sebagai tempat singgah bagi pengendara untuk sejenak melepas penat.

Rest area juga memiliki manfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Perekonomian masyarakat diharapkan semakin meningkat dengan keberadaan rest area di ketiga ruas tol JTTS tersebut.

Sebanyak 319 tenant akan mengisi rest area itu dengan lebih dari separuhnya diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Disamping itu, kehadiran rest area akan membuka lapangan kerja baru, terutama untuk warga sekitar untuk terlibat dalam operasional TIP sehari hari.

Baca Juga: Royal Banget, Investor Korsel Gelontorkan Puluhan Triliun Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik di Karawang, Jokowi Sumringah saat Meresmikan

Untuk rest area di Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan, progres pembangunan telah mencapai 97,69%

Rest area di lokasi tersebut memiliki keunikan, yaitu menampilkan kebudayaan lokal dengan ornamen fasad corak khas Melayu.

Nantinya, rest area tersebut juga diharapkan menjadi sarana edukasi budaya sekaligus tempat berinteraksi antara pengguna tol dan tenan UMKM di Sumatra Utara.

Kemudian, pembangunan rest area di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung telah mencapai 83,20% dengan pengerjaan tinggal menyisakan pekerjaan arsitektur dan landscape.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat