bdadinfo.com

Jelajahi Air Terjun Lembah Anai, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat yang Menjadi Tempat Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan - News

Keindahan air terjun Lembah Anai, Tanah Datar Sumatera Barat (Tangkapan layar beni_wijayaa_dan info.minang)


- Sumatera Barat memiliki kekayaan alam yang melimpah, dan memiliki tempat yang paling layak dikunjungi bagi wisatawan saat menikmati waktu liburan.

Ada satu tempat yang paling cocok, dan bisa dikunjungi oleh wisatawan, sambil mengisi waktu liburan sekolah, atau liburan akhir pekan yaitu Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai, merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Sumatera Utara, yang memiliki keindahan alam, dan panorama yang tentu saja tidak ingin dilewatkan.

Baca Juga: Big Match Euro 2024 Portugal vs Prancis Berlangsung Dini Hari Nanti, Begini Tanggapan dari Pelatih Kedua Tim

Berlokasi di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Kotio, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menjadi tempat yang paling cocok dinikmati bagi wisatawan saat Waktu liburan.

Air Terjun ini, dikenal dengan istilah "Air Mancur", karena merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 MDPL.

Selain itu, tempat tersebut juga para wisatawan bisa melihat monyet yang berkeliaran, di sekitar air terjun sehingga tidak diragukan menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Polda Sumbar Cari yang Viralkan Berita Kematian Afif, Rocky Gerung: Polisi Harusnya Tidak Represif

Air Terjun Lembah Anai, juga memiliki sejarah yang Panjang mulai dari zaman kolonial, era kemerdekaan Indonesia, dan terus bertahan melalui zaman hingga saat ini.

Dahulu, tempat ini pernah menjadi lokasi penting saat peristiwa Agresi Militer II, Lokasi lembah yang sempit dan berupa bukit, membuat pasukan Belanja saat itu kesulitan menuju Bukittinggi, dan Padang Panjang.

Tentu saja, keindahan alam yang bersejarah di Sumatera Barat seperti Air Terjun Lembah Anai, juga diminati oleh para wisatawan hingga mencapai ratusan pada saat liburan.

Baca Juga: Sah! Masjid Raya Sumatera Barat Diganti Namanya Menjadi Masjid Raya Syekh Khatib Al Minangkabawi Diresmikan 7 Juli 2024

Berada di kawasan yang dilindungi, membuat Air Terjun Lembah Anai kini memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, sehingga memudahkan para wisatawan untuk langsung datang ke Air Terjun tersebut.

Fasilitas di kawasan Air Terjun Lembah Anai, meliputi area parkir yang cukup luas, kios makanan yang siap mengganjal lapar dan rasa haus, kios souvenir khas Lembah Anai, restoran, penginapan, cafe kekinian, toilet umum yang bersih, dan musholla.

Sehingga, dengan fasilitas yang disediakan saat ini, dan keindahan alam yang ditunjukkan, juga membuat para wisatawan tidak ingin meninggalkan air terjun terlalu dini.

Baca Juga: Puji Desain Seragam Indonesia untuk Olimpiade 2024, Andre Rosiade: Berkelas

Untuk mencapai kawasan ini, pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil dari Bandara Udara Internasional Minangkabau, Padang membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam.

Perjalanan menuju Lembah Anai, akan melewati bukit dan jurang yang begitu terjal, dipenuhu pohon-pohon besar, yang menutupi barisan bukit di sekelilingnya.

Rute tersebut, juga akan melewati air terjun dari Sungai Batang Anai yang cantik, sehingga para pengunjung sudah dapat menikmati indahnya pemandangan alam di Sumatera Barat.

Baca Juga: Bandingkan Pemberhentian Ketua KPU dengan 2 Tokoh Lainnya, Warganet: Masih Pede Negara Ini Dikelola dengan Baik?

Untuk Harga tiket masuk di Air Terjun Lembah Anai, sebesar Rp5.000 per orang, tetapi Harga tersebut bisa naik jika sewaktu-waktu terjadi pada saat liburan nasional.

Selain air terjun, para pengunjung juga dapat melihat jalur kereta api sisa peninggalan Belanda, Jalur kereta api yang sudah tidak digunakan lagi dulunnya menghubungkan Pelabuhan Teluk Bayur, di Padang ke Sawahlunto.

Rute Perjalanan Kereta Api melewati Lembah Anai, Padang Panjang, tepian Danau Singkarak, dan terus ke Sawahlunto, sehingga Jalur kereta api ini menggunakan rel bergigi.

Baca Juga: Kegunaan Alternatif dari ACP Seven, Marks, dan Flexy Wall

Rel ini, juga untuk melintasi jalur yang menanjak tinggi dan terjal, seperti Lembah Anai, tentu saja tempat ini memiliki nilai kekayaan alam, dan sejarah pada saat zaman Kolonial.

Mumpung, lagi liburan sekolah, atau sudah memasuki liburan akhir pekan, jangan lupa untuk datang ke Air Terjun Lembah Anai, dan dijamin akan memberikan kenyamanan yang tidak diduga.

Para wisatawan, juga bisa mengabadikan momen di Air Terjun dengan selfie, mengunggah foto, dan lain-lain di akun Media Sosial, sebagai kenangan yang indah.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat