bdadinfo.com

Awalnya Cuma Dijatah 1, Kebumen Langsung Minta Tambah Exit Tol karena 52 Desa di Wilayahnya Tergilas Jalan Tol Jogja Cilacap  - News

Awalnya Cuma Dijatah 1, Kebumen Langsung Minta Tambah Exit Tol karena 52 Desa di Wilayahnya Tergilas Jalan Tol Jogja Cilacap  (jatengprov.go.id)

– Pemerintah saat ini tengah merencanakan pembangunan jalan tol Jogja Cilacap.

Dalam pembangunannya, sejumlah wilayah akan tergilas oleh mega proyek tersebut. Salah satunya adalah Kabupaten Kebumen dengan 13 Kecamatan dan 52 Desa harus tergilas oleh pembangunan proyek tersebut.

Untuk itu, dari yang sebelumnya sudah dijatah dari pemerintah pusat bahwa di wilayahnya akan dibangun 1 exit tol, Bupati Kebumen meminta tambahan agar exit tol yang dibangun bisa lebih dari satu.

Baca Juga: Hore! Sumbar Segera Bangun Ikon Wisata Hits, Jembatan Kaca Megah dengan View Air Terjun Super Cantik Ada di Daerah Ini

Jalan tol Jogja Cilacap memiliki panjang 121,75 km dengan lebar ROW 80 meter dan dengan perkiraan pembebasan lahan sebanyak 1.146,91 Ha.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz mengusulkan, agar Kabupaten Kebumen diberikan tambahan dua exit tol, dalam rencana pembangunan jalan tol Jogja Cilacap yang akan melewati wilayahnya.

Hal ini didasarkan agar keberadaan jalan tol bisa lebih meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayahnya.

Baca Juga: Enggak Jadi Pusing 7 Keliling, Pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat Lanjut Terus Usai Disuntik Rp23 Triliun dari AIIB

Hal tersebut pun disampaikan oleh Sekretaris Bappeda, Mohammad Arifin, saat Focuss Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan jalan tol Jogja Cilacap.

Pada awalnya, Kebupaten Kebumen yang wilayahnya dilewati oleh jalan tol Jogja Cilacap hanya kebagian jatah 1 exit tol dari pemerintah pusat.

Kendati demikian, seusai Bupati Yazid mengusulkan permintaan akan ditambahnya exit tol, kini keseluruhan exit tol yang ada di Kebumen berjumlah tiga.

Baca Juga: Demi Bangun Jalan Tol Jogja Cilacap, Kebumen Harus Rela Wilayahnya Kena Gilas Lahan hingga Puluhan Desa Terdampak

Keberadaannya pun tersebar di berbagai wilayah di Kebumen yakni meliputi Kebumen Barat, Timur, dan Tengah.

Untuk exit tol yang berada di Kebumen Kota, rencananya akan dibangun di sekitar Terminal Bus Kebumen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat