bdadinfo.com

Bukan Jembatan Brooklyn Amerika Serikat, Jembatan Besi Tertua di Dunia Ternyata Berlokasi di Kediri, Umurnya Ratusan Tahun - News

Jembatan Lama, jembatan tertua di dunia berlokasi di Kota Kediri (kedirikota.go.id)

- Seperti yang telah diketahui bersama jika Jembatan Brooklyn dinobatkan menjadi Jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat yang dibangun sejak tahun 1883.

Ternyata jauh sebelum itu, Kediri telah lebih dulu memiliki jembatan dengan konstruksi besi pertama di Pulau Jawa.

Jembatan tertua di Kediri ini diresmikan pada 18 Maret 1869 dengan nama Brug Over den Barantas te Kediri atau biasa disebut Jembatan Lama.

Baca Juga: Tol yang Hubungkan Sumatera Selatan dan Jambi Tuntas Juni 2024, Progres Sudah Signifikan: Harus Segera Rampungkan Sisa PR Ini Agar Target Tak Meleset 

Jembatan Lama Kediri digambarkan sebagai jembatan konstruksi besi pertama di Pulau Jawa karya Sytze Westerbaan Muurling.

Menggunakan konstruksi besi sebagai material, jembatan ini dibangun di atas tiang sekrup yang ditancapkan ke dalam sungai.

Pembangunan jembatan yang dikerjakan era penjajahan Belanda ini diresmikan sebagai cagar budaya oleh Pemkot Kediri sejak 18 Maret 2019.

Baca Juga: Sepekan Mengejar Imunisasi di Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan Berjalan Lancar

Karena telah ditetapkan sebagai cagar budaya, jembatan ini pun tidak bisa sembarangan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Pada badan jembatan tidak boleh dipasangi oleh atribut partai, ormas, tulisan-tulisan tertentu, hingga mengubah bentuk jembatan.

Jembatan Lama Kediri kini telah berusia sekitar 155 tahun sejak diresmikan pada masa kolonial Belanda.

Baca Juga: Mengenal Tari Rangkuk Alu, Kesenian Tradisional Khas Nusa Tenggara Timur yang Masuk Dalam Google Doodle 29 April 2024

Keberadaan jembatan ini sangat vital sebagai penghubung wilayah barat dengan timur Kota Kediri.

Kala itu, Jembatan Lama Kediri menjadi satu-satunya jembatan yang menghubungkan wilayah Madiun dan Surabaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat