bdadinfo.com

Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Kota Padang! Kampung Halaman Legenda Malin Kundang yang Terukir dalam Buku Cerita dan Mengukir Sejarah Pantai Barata - News

Kota Payakumbuh dinilai layak menjadi kawasan ibu kota provinsi yang baru dengan pertimbangan dampak bencana menjadi hal yang harus diperhatikan seperti prediksi gempa dan tsunami terjadi, akan membuat dampak yang besar bagi Kota Padang.

- Kota Padang, yang terkenal sebagai kampung halaman legenda Malin Kundang, adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Padang dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas wilayah 1.414,9 km², dengan lebih dari separuh wilayahnya berupa hutan lindung.

Baca Juga: Sangar! Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara ini Ternyata Lewati Ladang Gas yang Luar Biasa Luas: Proyeknya Bakal Rampung Tahun 2024 ini

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada pertengahan tahun 2023, penduduk Padang berjumlah 928.541 jiwa.

Padang juga merupakan kota inti dari pengembangan wilayah Metropolitan Palapa.

Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan Rantau Minangkabau yang berawal dari perkampungan nelayan di Muara Batang Arau.

Baca Juga: Dunia Bulutangkis Berduka, Pebulutangkis Muda dari China Meninggal Dunia saat Bertanding si Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2024.

Padang berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah VOC.

Hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 7 Agustus 1669, yang merupakan hari penyerangan loji Belanda di Muara Padang oleh masyarakat Pauh dan Koto Tangah.

Pada masa penjajahan Belanda, Padang menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah.

Baca Juga: Guncangan Hebat di Sumatera Barat! Kunjungan Wisatawan Nusantara Anjlok 20,24% Akibat Bencana Alam, Pariwisata Terpuruk dan Ekonomi Terguncang

Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

Saat ini, infrastruktur Kota Padang telah dilengkapi oleh Bandar Udara Internasional Minangkabau serta jalur kereta api yang terhubung dengan kota lain di Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat