bdadinfo.com

Sumatera Utara Tidak Lagi Sama! Dua Provinsi Baru, Tapanuli dan Toba Raya, Siap Mengukir Sejarah dengan Bendera Kemerdekaan dan Potensi Luar Biasa - News

Keajaiban Tiga Desa Wisata Tercantik di Sumatera Barat (ilustrasi) (Pixabay.com/@Julius_Silver)

- Sumatera Utara, salah satu provinsi terbesar di Indonesia, akan mengalami perubahan besar dengan pembentukan dua provinsi baru: Provinsi Tapanuli dan Provinsi Toba Raya.

Kedua provinsi ini telah ditetapkan memenuhi syarat sesuai PP No. 78 Tahun 2007 dan siap mengibarkan bendera kemerdekaan mereka, membawa harapan besar bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Menang Telak Atas Georgia di 16 Besar Euro 2024, Spanyol akan Ditunggu Lawan Berat di Perempat Final

Sumatera Utara memiliki luas wilayah 72.981,23 km² dan merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia.

Ibu kotanya, Medan, dikenal sebagai pusat sejarah dan kebudayaan sejak zaman pemerintahan Belanda.

Pada tahun 1948, Sumatera Utara dibentuk melalui penggabungan Keresidenan Aceh, Karsidenan Sumatera Timur, dan Karsidenan Tapanuli.

Baca Juga: Progres Terkini! Ruas Seksi Dua Sudah Selesai Pengecoran, Jalan Tol Jambi Sekejap Lagi Mengaspal Menyentuh Jalan Tol Lampung

Kini, reorganisasi pemerintahan terus berlanjut dengan pembentukan Provinsi Tapanuli dan Provinsi Toba Raya.

Provinsi Tapanuli akan mencakup sejumlah kabupaten seperti Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba Samosir, dan Kota Sibolga.

Ibu kota provinsi ini akan berada di Kecamatan Siborong-borong atau Kota Sibolga.

Baca Juga: Gara-gara Jude Bellingham, Inggris Berhasil Atasi Slowakia Secara Dramatis di 16 Besar Euro 2024

Dengan potensi alam yang melimpah dan budaya yang kaya, Tapanuli diharapkan mampu mendukung perkembangan ekonomi dan pariwisata, terutama di sekitar Danau Toba yang terkenal namun belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Provinsi Toba Raya akan melibatkan sembilan kabupaten dan satu kota, termasuk Kota Pematang Siantar yang menjadi pusat perdagangan dan jasa.

Baca Juga: The Contents of the Instant Bubur Pack, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 7 Halaman 85 86 Kurikulum Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat