bdadinfo.com

Pemekaran Berjamaah di Tanah Melayu! 10 Daerah di Sumatera Bersumpah Mendirikan Kabupaten Kota Baru Meninggalkan Induknya Demi Sebuah Singgasana Baru - News

Sumatera dijuluki Tanah Emas atau Bumi Melayu 10 daerah yang dikabarkan akan segera mekar di Pulau Sumatera dan jadi kabupaten kota baru di Indonesia.

- Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk yang tinggal di pulau ini sekitar 57.940.351 jiwa.

Pulau Sumatera ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas").

Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu ("Tanah Melayu") untuk menyebut pulau ini.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pariaman, KPU/Bawaslu dan Forkopimda Siap Sukseskan Pilkada 2024

Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini.

Di wilayah pesisir Sumatra dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam,Pekan Baru, Palembang dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis pendatang seperti Jawa, Banjar, Sunda, Tionghoa dan India.

Mata pencaharian penduduk Sumatra sebagian besar sebagai petani, nelayan, dan pedagang.

Penduduk Sumatra mayoritas beragama Islam dan sebagian merupakan penganut ajaran Kristen Protestan maupun Katolik, terutama di wilayah Tapanuli dan Toba-Samosir termasuk sebagian wilayah lainya di Sumatera Utara.

Di wilayah perkotaan, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bandar Lampung dijumpai beberapa penganut Buddha dan Konghucu utamanya dianut oleh orang-orang Tionghoa.

Pulau Sumatra merupakan pulau yang kaya dengan hasil bumi. Dari lima provinsi kaya di Indonesia, tiga provinsi terdapat di pulau Sumatra, yaitu provinsi Aceh, Riau dan Sumatera Selatan.

Hasil-hasil utama pulau Sumatra ialah kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam. Hasil-hasil bumi tersebut sebagian besar diolah oleh perusahaan-perusahaan asing.

Baca Juga: Terungkap! Inilah Rahasia dan Potensi Kekayaan Tambang Emas di Dalam Tanah Indonesia

Terdiri dari Kecamatan Sawang, Kecamatan Nisam, Kecamatan Nisam Antara, Kecamatan Bandaro, Kecamatan Muar Batu dan Kecamatan Dewantara.

Setidaknya ada 10 daerah yang dikabarkan akan segera mekar di Pulau Sumatera dan jadi kabupaten kota baru di Indonesia.

Maka nanti jumlah kabupaten kota di Indonesia yang saat ini ada 514 bertambah jadi 534 jika 10 daerah di Pulau Sumatera itu resmi mekar dari induknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat