bdadinfo.com

Terungkap! Inilah Rahasia dan Potensi Kekayaan Tambang Emas di Dalam Tanah Indonesia - News

PT Freeport Indonesia  (Freepik)

- Sampai dengan detik ini, Indonesia dikenal sebagai negara dengan luas wilayah yang besar dan keanekaragaman hayati serta kekayaan alamnya yang melimpah.

Di samping itu, ternyata masih cukup banyak hal yang belum terungkap terkait kekayaan Indonesia dalam tanah. Namun semenjak tahun ini, rahasia tentang kekayaan tambang emas di Indonesia mulai kembali terungkap.

Pusat perhatian berbagai lapisan masyarakat di Indonesia sudah tidak lagi berfokus tentang keberadaan tambang emas Freeport di Papua.

Begitu banyak fakta dan hal baru yang terungkap jika kekayaan tambang emas Indonesia tidak hanya berpusat di Freeport, Papua.

Di Indonesia sendiri ada berbagai sumber daya tambang yang melimpah mulai dari gas bumi, gas alam, batu bara, bauksit, pasir besi, emas, timah, tembaga, nikel, mineral logam, dan belerang.

Khusus untuk tambang emas sendiri, potensi daerah dengan kekayaan alam ini tersebar dari Sumatera hingga Papua.

Berikut adalah daftar tambang emas di Indonesia :

1. Tambang Emas di Bukit Sanggul Unit IV, Kabupaten Seluma, Bengkulu

Tambang emas yang ada di Bengkulu ini dianggap bisa menyaingi kekayaan alam yang ada di Pegunungan Grasberg, Papua milik PT Freeport Indonesia.

Pada tahun 2016, Kabupaten Seluma di Provinsi Bengkulu mendadak menjadi sorotan setelah ditemukan kandungan emas dalam jumlah yang signifikan oleh tim geologi asal Inggris.

2. Tambang Emas di Gunung Pongkor, Bogor

Lokasi tambang emas di Gunung Pongkor ini terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tambang emas di Gunung Pongkor ini sudah berusia cukup tua karena sudah beroperasi sejak tahun 1974. Disisi lain untuk menjaga ekosistem di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, rangkaian proses dan sistem pertambangan dilakukan tertutup agar tidak merusak kawasan taman nasional.

Kegiatan pertambangan di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak ini dikelola oleh Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor PT Antam Tbk yang menjadi anak perusahaan dari Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat