bdadinfo.com

Sulawesi Barat Pamer Harta Karun Emas yang Terpendam di Perut Bumi 4 Kabupaten Penyumbang Tambang Emas di Pulau Sulawesi - News

Harta karun emas di provinsi Sulawesi Barat memiliki kandungan emas yang tersebar di beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Mamuju, Mamasa Utara, Mamasa dan Polewali Mandar.

- Sulawesi Barat atau Sulbar adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian barat pulau Sulawesi, Indonesia.

Provinsi Sulawesi Barat ini pernah menjadi bagian dari provinsi Sulawesi Selatan hingga pemekaran provinsi pada 2004. Ibu kota provinsi Sulawesi Barat adalah Kabupaten Mamuju.

Pembentukan provinsi Sulawesi Barat merupakan hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004.

Baca Juga: Demi Mengukir Sejarah dengan Masuk ke Final Liga Europa, Ini yang Diinginkan Gian Piero Gasperini kepada Atalanta

Yang disahkan dalam rapat Paripurna antara Pemerintah dan DPR RI, dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2004.

Sulawesi Barat memiliki daratan dengan luas 16.594,75 km2 dan lautan dengan luas 20.342 km2 serta pesisir pantai sepanjang 677 km. Jumlah kecamatan di Sulawesi barat sebanyak 69 dengan jumlah desa/kelurahan sebanyak 649

Pulau Sulawesi berada di posisi kedua dengan cadangan bijih emas mencapai 557,05 juta ton. Salah satu daerah penyumbang emas di Sulawesi ialah berada di beberapa titik daerah Sulawesi Barat.

Baca Juga: Indonesia vs Guinea, Kesempatan Terakhir Skuad Garuda Muda Masuk ke Olimpiade Paris 2024

Potensi pertambangan untuk bahan galian emas di Sulawesi Barat saat ini tengah ditangani sekitar kurang lebih 14 perusahaan yang sementara ini melakukan tahap eksplorasi dan eksploitasi di wilayah itu.

Kandungan emas di Sulawesi Barat tersebar di beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Mamuju, Mamasa Utara, Mamasa dan Polewali Mandar.

Salah satu potensi emas di Mamuju ada di Dusun Batuisi, Desa Karataun, Kecamatan Kalumpang, salah satu pemukiman penduduk di wilayah perbatasan Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Kontribusi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, PLN Group Borong Penghargaan CSR Awards 2024 Kementerian Desa PDTT

Ditangani 14 perusahaan, ini 4 Kabupaten penyumbang harta karun tambang emas di Sulawesi Barat.

Berikut adalah beberapa daerah penghasil emas terbesar di Sulawesi Barat:

1. Kabupaten Mamuju
Kabupaten Mamuju adalah sebuah kabupaten dan juga merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Barat, Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat