bdadinfo.com

Gorontalo Pamer Harta Karun Emas Terbesar di Indonesia, 19 Juta Ton Emas Siap Dikeruk Habis-habisan Oleh Perusahaan Pemburu Harta Karun - News

Gorontalo  kandungan sumber daya mineral sebesar 6,7 juta ounces emas, Proyek Emas Pani akan menjadi tambang emas berbiaya rendah dan berumur panjang.

- Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Semenanjung Minahasa, di bagian utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota di Kota Gorontalo.

Provinsi Gorontalo lahir pada 5 Desember 2000 berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000.

Kota Gorontalo ditetapkan sebagai ibu kota Gorontalo, sekaligus menjadi pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan perdagangan terbesar di Kawasan Teluk Tomini.

Baca Juga: Sangar! Sumatera Utara Bakal Jadi Daerah yang Paling Banyak Sambut Jalan Tol Baru: sampai Akhir Tahun 2024 ini, Total 4 Ruas akan Dioperasikan

Mayoritas penduduk di daerah ini merupakan Suku Gorontalo, sekaligus menjadi suku dengan populasi terbanyak di wilayah semenanjung utara Pulau Sulawesi, diikuti oleh Suku Minahasa di urutan kedua.

Suku Gorontalo juga merupakan suku pengembara yang populasinya banyak dijumpai di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jawa dan Papua.

Pada awal kemerdekaan, wilayah Gorontalo masuk dalam Kabupaten Sulawesi Utara yang luas wilayahnya meliputi Buol, Gorontalo, dan Bolaang Mongondow.

Pada masa itu, Gorontalo ditetapkan menjadi ibu kota Kabupaten Sulawesi Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 22 tahun tahun 1948.

Dalam catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Presiden Republik Indonesia yang berasal dari percampuran Suku Gorontalo dan Suku Jawa adalah Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie dari garis keturunan ayahnya, Alwi Jalil Habibie, dengan marga Habibie.

PT Merdeka Copper Gold Tbk membesut proyek pertambangan emas primer terbesar di Indonesia di Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Sulawesi.

Proyek itu adalah Proyek Emas Pani (Pani Gold Project/PGP) di Gorontalo.
PGP memiliki kandungan sumber daya mineral hampir 7 juta ounce emas, atau tepatnya mencapai 6,7 juta ounce emas.

GM Corporate Communication PT Merdeka Copper Gold Tbk, Tom Malik mengatakan produksi PGP akan dimulai akhir tahun depan.

"Produksi tahun depan. Mulai operasinya kita akan dimulai akhir tahun depan," beber Tom Malik dalam diskusi di Artotel Mangkuluhur, Jakarta Selatan.

Tom bilang, proyek ini diproyeksikan memiliki kapasitas produksi 19 juta ton bijih per tahun dan pada puncak produksinya mampu menghasilkan emas hingga 500.000 ounces per tahun.

Baca Juga: Terjadi Penembakan Depan Rumah Rapper Drake di Toronto, Satu Petugas Keamanan Terluka Serius

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat