bdadinfo.com

IKN Belum Mampu Kalahkan Kemegahan Ibu Kota Jakarta Sang The Big Durian, Meski PDRB Kalimantan Timur Hampir Setara dengan Negara Myanmar - News

Tujuan pemindahan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara adalah untuk memeratakan pembangunan, ekonomi, serta penduduk, sehingga Indonesia tidak terpusat di Pulau Jawa saja.

- Siapa yang tidak mengetahui, IKN Nusantara adalah kependekan dari Ibu Kota Negara yang dipilih dari antara 80 usulan nama lainnya, seperti Nusantara Jaya, Negara Jaya, Nusa Jaya, Nusa Karya, Cakrawalapura, Pertiwipura, serta Kertanegara.

Alasan pemilihan nama Nusantara di antara beberapa opsi tersebut antara lain karena nama ini sudah populer sejak zaman dahulu serta telah dikenal oleh beberapa negara di dunia. Lain dari itu, alasan utamanya adalah karena nama ini mencerminkan kenusantaraan negara Republik Indonesia.

Seperti yang disebutkan secara singkat di atas, tujuan pemindahan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara adalah untuk memeratakan pembangunan, ekonomi, serta penduduk, sehingga Indonesia tidak terpusat di Pulau Jawa saja.

Baca Juga: Jakarta Big Apple di Indonesia Masih Bersinar Setara New York City! Jadi Pusat Ekonomi Baru di Indonesia Meski Status Ibu Kota Dicabut Jokowi ke IKN

Memang, sejauh ini, seluruh aktivitas ekonomi maupun penduduk cenderung Jawasentris. PDB Indonesia 58% berada di wilayah DKI Jakarta, sedangkan 56% masyarakat tanah air berdiam di Pulau Jawa.

Bahkan, sudah ada beberapa prediksi yang mengatakan bahwa Jakarta akan tenggelam beberapa tahun mendatang akibat jumlah penduduknya terlalu padat.

Selain isu lingkungan, pemerataan pembangunan dengan memindahkan ibu kota ini juga sudah pernah digagas oleh presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno, sejak 1960 dengan memindahkan Ibu Kota Indonesia ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Intip Besaran Gaji Ketua KPU Hasyim Asyari yang Dipecat Gegara Tindak Asusila!

Manfaat IKN Nusantara

Perpindahan ibu kota yang masih dalam tahap pembangunan ini tentunya menawarkan beberapa manfaat baru bagi masyarakat Indonesia. Simak penjelasannya berikut agar Anda tak penasaran!

1. Meningkatkan ketahanan terhadap bencana

IKN Nusantara yang dibangun di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara tentunya telah melewati berbagai pertimbangan, salah satunya berkaitan dengan aspek bencana alam.

Wilayah di Kalimantan Timur tersebut memang minim risiko bencana gempa, tanah longsor, banjir, tsunami, gunung meletus, maupun kebakaran hutan.

2. Pemerataan pembangunan

Manfaat berikutnya dari pembangunan IKN Nusantara tentu saja berkaitan dengan pemerataan pembangunan yang dicita-citakan oleh pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat