bdadinfo.com

Sebelum Lengser Jokowi Penuh Semangat Berkobar-kobar! Pastikan Sektor Transportasi Berjalan Lancar Dukung Peringatan Kemerdekaan RI di IKN - News

- Sebelum lengser Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan akan melakukan upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku Kab. Penajam Paser Utara, Prov. Kalimantan Timur.

Baca Juga: Pantes! Ibu Kota Jakarta Dipindah ke Kalimantan Timur, Ternyata PDRD Kabupaten Kota di Kaltim Lebih Besar Dibandingkan dengan Negara Myanmar

Di kota IKN, yang kini masih terus dalam proses pembangunan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin telah menyebar 6800 undangan yang meliputi undangan para duta besar negara sahabat, para menteri dan jajarannya, para pimpinan TNI/Polri, 1500 petugas/aparat TNI/Polri peserta upacara, serta undangan lainnya.

Mengantisipasi lonjakan kehadiran tamu undangan yang akan hadir di acara upacara HUT RI ke-79 di IKN, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, jauh hari telah menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim dan kabupaten/kota untuk menyiapkan jalan anternatif dan transportasi menuju IKN.

Baca Juga: Berikut Hal-Hal yang Menarik dari Indonesia, Mulai dari Pungli hingga Korupsi

"Lalu lintas jalan raya/tol bakal crowded dan lalu lalang pesawat – jadwal take off dan landing di bandara akan sangat sibuk, menyongsong hari Peringatan HUT Kemedekaan ke-79 yang pertama di IKN," ujar Akmal Malik yang dikutip oleh sejumlah media daerah saat Rapat Koordinasi Teknis Dinas Perhubungan se-Kaltim di Penajam Paser Utara (PPU).

Pj Gub Kaltim meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim untuk berkoordinasi dengan para pihak terkait seperti DLLAJR dan Polantas setempat untuk membantu mencari solusi terbaik, termasuk mempertimbangkan jalur alternatif ke IKN.

“Usahakan ada jalan alternatif yang memotong perjalanan langsung ke IKN. Siapkan juga alternatif jalur laut, jangan mengandalkan jalur transportasi darat saja,” petunjuk Akmal.

Baca Juga: Mentang-mentang Banyak Harta Karun di Kalimantan Timur! Jakarta Disingkirkan Jokowi dari Status Ibu Kota Negara Indonesia Langsung Dipindah ke IKN

Menurut Pj Gub itu, ada jalur laut menuju IKN yang dimungkinkan dari wilayah Penajam dan Balikpapan dengan waktu tempuh yang relatif singkat.

Akmal mengaku sudah mencoba bersama Pejabat Wali Kota Balikpapan, ditempuh hanya dalam waktu sekitar 35 menit dari Pelabuhan Semayang.

Selain jalur darat dan laut, Akmal juga meminta dua bandara di Kaltim, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda agar dipersiapkan untuk melayani penerbangan para tamu luar daerah.

“Dishub Kaltim agar membantu melakukan kordinasi transportasi darat dari kedua bandara SAMS dan APT Pranoto ke IKN,” kata Pj Gub Kaltim itu.

Baca Juga: Roberia Berikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Pariaman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat