bdadinfo.com

Bikin Melongo! Ternyata Indonesia Punya 4 Jembatan Antar Pulau yang Panjangnya Berkilo-Kilometer: 2 di Antaranya Ada di Sumatera  - News

Tampak Jembatan Suaramadu yang menjadi salah satu jembatan antar pulau di Indonesia yang panjangnya berkilo-kilomter. Beberapa jembatan panjang lainnya berada di Pulau Sumatera. (Dok: Salsa Wisata)

- Pembangunan infrastruktur di Indonesia memang sedang mengalami perkembangan pesat setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur mulai dari bendungan, jalan nasional, jalan tol hingga jembatan dilangsungkan di hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau-pulau, kebutuhan akses penghubung juga sangat penting dilakukan selain daripada fasilitas penyeberangan seperti pelabuhan.

Baca Juga: Jokowi Mau Pensiun, Perpisahannya Beri Kado Manis untuk Sumatera Utara: Proyek Khusus hanya untuk Sumut Bakal Beres di Akhir Tahun 2024!

Pembangunan jembatan yang dapat menghubungkan satu daerah dan daerah lain tentu akan memudahkan transportasi selain daripada keberadaan transportasi air itu sendiri.

Hingga pertengahan tahun 2024 ini, diketahui Indonesia memiliki sejumlah jembatan antar pulau yang panjangnya mencapai berkilo-kilometer jauhnya.

Jembatan tersebut hadir untuk mengkoneksikan satu pulau dengan pulau lain sehingga dapat meningkatkan konektivitas antar pulau.

Baca Juga: Dilintasi 6 Ribu Kendaraan Per Hari, Sumatera Utara Akhirnya Tetapkan Tarif Melintas Tol Terbaru yang Paling Laris Manis Favorit Masyarakat

Tercatat, ada 4 (empat) jembatan antar pulau di Indonesia yang memiliki panjang yang luar biasa.

2 (dua)diantaranya diketahui berada di Pulau Sumatera yang dikenal juga sebagai salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali pulau-pulau yang berpenghuni di Indonesia.

Berikut empat jembatan antar pulau yang panjangnya berkilo-kilometer jauhnya di Indonesia:

Baca Juga: Pangkas Waktu dari 1,5 Jam Jadi Cuma 30 Menit Kurang, Tol Megah di Sumatera Utara ini Buat Perjalanan dari Binjai ke Tanjung Pura Makin Dekat!

  1. Jembatan Barelang

Nama "Barelang" merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang terdiri dari enam jembatan dengan panjang total 2.664 m atau 2,6 km.

Jembatan Barelang sendiri hadir menghubungkan enam pulau yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat