bdadinfo.com

Mentang-mentang Kabupaten Paling Tajir! Tapanuli Tengah Kibarkan Bendera Provinsi Baru yang Berdaulat Pergi Meninggalkan Sumatera Utara - News

Kabupaten Tapanuli Tengah semakin menunjukkan potensinya yang luar biasa dalam rangka menuju status calon provinsi Sumatera Tenggara.

 - Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah dilaksanakan dengan konsep pembangunan Tapanuli Growth yaitu sinergi kabupaten/kota lingkup Kawasan Barat Sumatera Utara, Aceh Singkil dan Simeulue (provinsi Aceh).

Untuk menciptakan pola pertumbuhan kawasan yang kompetitif dengan Kawasan Industri Terpadu Labuan Angin.

Kabupaten Tapanuli Tengah kini menjadi pusat koleksi (hub) komoditas unggulan daerah.

Baca Juga: Cek Sebelum Download! Ini Dia Versi Windows yang Bisa Menjalankan Safe Exam Browser untuk Tes Online BUMN

Persoalan mendasar masyarakat Tapanuli Tengah, seperti halnya daerah lain di Kawasan Barat Sumatera Utara secara ekonomi selama ini adalah kemiskinan dan pengangguran.

Adapun keterbatasan yang melingkupi persoalan tersebut adalah topografi wilayah Tapanuli Tengah yang berbukit (Bukit Barisan), sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam, infrastruktur, akses informasi dan arus modal.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah berupaya untuk mengatasi persoalan tersebut dengan percepatan pembangunan dan menaikkan pertumbuhan ekonomi daerah terutama melalui investasi, baik investasi pemerintah maupun swasta dengan konsep pembangunan Tapanuli Growth.

Tapanuli Tengah adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Utara, dengan ibukotanya adalah Pandan yang lokasinya berbatasan dengan Kota Sibolga.

Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai Daerah Otonom dipertegas oleh Pemerintah dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 19 Tahun 2007 maka ditetapkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Tengah adalah tanggal 24 Agustus 1945.

Baca Juga: JTTS Semakin Berkibar! Jalan Tol Pertama di Jambi Sedetik Lagi Beroperasi, Dahsyatnya Via Jalan Tol Ini Perjalanan 5 jam Dipangkas Menjadi 1,5 Jam

Kabupaten Tapanuli Tengah secara administraif merupakan salah satu daerah di wilayah pesisir barat Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di sebelah selatan Danau Toba.

Panjang garis pantai di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 200 km dan wilayahnya sebagian besar berada di daratan Pulau Sumatra dan sebagian lainnya di pulau-pulau kecil dengan luas wilayah 2.188 km².

Kabupaten Tapanuli Tengah terus menancapkan dirinya sebagai calon provinsi Sumatera Tenggara, dengan kekayaan alam yang melimpah dan pesona wisata yang memukau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat