bdadinfo.com

Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024, 75.572 Visa Jamaah Haji Reguler Sudah Terbit - News

Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024, 75.572 Visa Jamaah Haji Reguler Sudah Terbit (unsplash)

- Pada tahun ini, Jamaah Haji Indonesia tengah bersiap-siap untuk memulai perjalanan suci mereka ke Arab Saudi, dengan penerbangan pertama dijadwalkan pada tanggal 12 Mei 2024.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Saiful Mujab, dikutip dari pada website kemenag, mengumumkan bahwa hingga saat ini telah ada 75.572 visa jamaah haji reguler yang telah diterbitkan.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan, pemerintah Indonesia telah menetapkan kuota haji sebanyak 241.000 jamaah untuk tahun ini, termasuk tambahan kuota sebanyak 20.000 jamaah.

Baca Juga: Kabupaten Bandara Terbesar Ada di Jawa Timur Ini Rencana Bersedia Tingkatkan Penyelenggaraan Haji dan Umroh Bakal Siapkan Layanan Fast Track?

Dari jumlah tersebut, 213.320 jamaah merupakan haji reguler, sementara 27.680 lainnya adalah jemaah haji khusus.

Menurut Saiful Mujab, proses pembuatan dimulai dengan pengumpulan data dan dokumen jamaah haji oleh tim di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. 

Baca Juga: Semen Padang FC Berpikir Dua Kali Stadion Haji Agus Salim Jadi Markasnya, Kandang Kabau Sirah Masih Terkatung-katung!

Saat ini, data yang telah masuk mencapai 216.692 jamaah, dengan 207.527 di antaranya sudah diverifikasi untuk proses penerbitan visa.

"Per hari ini, kita sudah mengajukan permohonan penerbitan visa untuk 134.960 jamaah," ungkap Saiful Mujab.

Para jamaah haji Indonesia dijadwalkan akan mulai masuk ke asrama haji pada tanggal 11 Mei 2024. 

Mereka akan terbang ke Arab Saudi sehari setelahnya, dari embarkasi menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah.

Sementara itu, penerbangan jamaah haji Indonesia dari Embarkasi menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) di Jeddah akan dimulai pada tanggal 24 Mei 2024.

Pemerintah Indonesia terus berupaya memastikan semua persiapan terkait perjalanan haji berjalan lancar, dengan memastikan proses pemvisaan dan persiapan logistik berjalan dengan baik. 

Langkah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman haji yang aman dan nyaman bagi seluruh jamaah yang akan berangkat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat