bdadinfo.com

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Provinsi Gorontalo - News

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Provinsi Gorontalo (www.menpan.go.id)

 - Dalam rangkaian kunjungan ke Gorontalo, Presiden Joko Widodo juga hadir untuk meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada Senin 22 April 2024.

Dalam sambutan resminya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pentingnya infrastruktur untuk meningkatkan kemampuan kompetitif Indonesia di panggung global.

Harapannya dengan beroperasinya bandara ini, diharapkan mampu meningkatkan kecepatan mobilitas logistik dan hal terkait lainnya.

Baca Juga: Peresmian Jalan Daerah oleh Presiden Jokowi: Langkah Penting untuk Konektivitas Gorontalo

Selain itu dengan kehadiran Bandara Panua Pohuwato ini diharapkan dapat menstimulasi titik titik ekonomi baru yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

Di lain sisi, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan jika Bandara Panua Pohuwato ini merupakan bandara ke-25 dari 27 bandara yang dibangun.

Keberhasilan proyek ini juga merupakan salah satu bentuk konkret dari legacy Presiden Jokowi dalam memberikan arahan untuk membangun bandara di seluruh pelosok Tanah Air.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Inpres di Gorontalo Telan Rp161 Miliar Sepanjang 46 Km Diresmikan Presiden Jokowi

Bandara Panua Pohuwato ini menelan anggaran sebesar Rp 437 miliar dan sebagian diantaranya dibiayai melalui mekanisme Surat berharga Syariah Negara (SBSN).

Bandara Panua Pohuwato ini diharapkan dapat membuka akses ekonomi ke Kabupaten Pohuwato dengan landasan pacu sepanjang 1.200 meter x 30 meter.

Presiden juga menyampaikan arahan untuk memperpanjang landasan pacu agar pesawat jenis ATR full bisa mendarat. Dengan diperpanjangnya landasan pacu tersebut diharapkan mampu memperkuat fungsi bandara dalam mendukung aktivitas ekonomi lokal.

Bandara Panua Pohuwato memiliki beberapa fasilitas penting seperti landasan pacu 1200 meter x 30 meter, taxiway 15 meter x 170 meter, dan apron sebesar 110 meter x 70 meter.

Gedung terminal dari Bandara Panua ini memiliki ukuran sebesar 990 meter persegi dan sejauh ini pesawat yang bisa mendarat di sini adalah jenis ATR 72-600.

Pembangunan Bandara Panua Pohuwato sendiri sudah dimulai sejak tahun 2015 dan baru selesai serta resmi beroperasi pada tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat