bdadinfo.com

Kabupaten Karanganyar Berjaya! Pembangunan Bendungan Jlantah Rp1 Triliun Selesai Sebentar Lagi - News

Kabupaten Karanganyar Berjaya! Pembangunan Bendungan Jlantah Rp1 Triliun Selesai Sebentar Lagi (freepik)

 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun bendungan baru di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bendungan Jlantah terletak di Desa Tlobo dan Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Kabarnya, pembangunan bendungan baru di Karanganyar ini akan segera rampung tahun 2024 ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Provinsi Gorontalo

PT Waskita Karya (Persero) dan PT Adhi Karya KSO sebagai penanggungjawab konstruksi pembangunan bendungan ini dengan nilai kontrak sebesar Rp965 miliar.

Bendungan Jlantah merupakan tipe urugan random pasir kerikil atau zonal inti tegak dengan tinggi 70 meter dari dasar sungai.

Konstruksi bendungan ini memiliki panjang puncak 404 meter, lebar puncak 12 meter, dan elevasi puncak bendungan 690 meter.

Baca Juga: Sumbar Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Menko PMK dan Kepala BNPB Siap Hadir

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Maryadi Utama menyebutkan Bendungan Jlantah sebagai bendungan multifungsi akan memberikan manfaat ekonomi, salah satunya sebagai irigasi.

Pembangunan Bendungan Jlantah sampai mengeruk lahan seluas 198 hektar untuk mengairi sekitar 1.494 hektar pertanian di empat kecamatan di Karanganyar.

Yaitu, Kecamatan Jatiyoso, Kecamatan Jumantono, Kecamatan Jumapolo, dan Kecamatan Jatipuro.

Dengan menampung aliran air yang berasal dari Sungai Jlantah dan Sungai Puru, bendungan ini dapat menampung air hingga 10,97 juta meter kubik.

Manfaat lain dari bendungan ini adalah sebagai penyedia air baku sebesar 150 liter untuk Kecamatan Jatiyoso, Jatipuro, dan Jumapolo.

Selain itu, Bendungan Jlantah juga memiliki potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh) sebesar 625 kWh serta mampu mereduksi banjir sampai 70,33 meter kubik per detik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat