bdadinfo.com

Bendungan Raksasa Provinsi Sumatera Selatan Menembus Dasar Laut Atlantis dan Mengalir Sampai ke Laut Segitiga Bermuda, Benarkah? - News

bendungan raksasa ini selain tembus ke dasar laut Atlantis, air terowongan bendungan raksasa Provinsi Sumsel dikabarkan mengalir sampai ke laut Segitiga Bermuda.

- Bendungan Komering II adalah bendungan yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, di kabupaten/kota Oku Selatan.

Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 260.3M³diharapkandapat mengairi lahan seluas 25000 Ha, dan menghasilkan listrik sebesar 20,80 MW.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, potensi air di Indonesia cukup tinggi sebesar 2,7 triliun m3/tahun.

Baca Juga: Peta Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Terletak di Waterfront City Dikeruk Secara Brutal Oleh Penambang Liar

Dari volume tersebut, air yang bisa dimanfaatkan sebesar 691 miliar m3/tahun, di mana sudah dimanfaatkan sekitar 222 miliar m3/tahun untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan rumah tangga, peternakan, perikanan dan irigasi.

Namun dengan potensi tersebut, keberadaannya tidak merata dalam dimensi ruang dan waktu.

Sehingga kita membutuhkan tampungan-tampungan air baru. Di mana pada musim hujan air akan ditampung dalam bendungan dan akan dimanfaatkan pada musim kemarau.

Baca Juga: SMAN 3 Lengayang Pesisir Selatan Awali Hari Pertama Sekolah dengan Kerja Bakti

"Itulah gunanya bendungan dan embung/setu untuk menambah tampungan air,” kata Menteri Basuki.

Salah satu bendungan yang tengah dilanjutkan pekerjaannya adalah Bendungan Tiga Dihaji di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bendungan pertama di provinsi tersebut nantinya akan menambah kapasitas Daerah Irigasi (D.I) Komering untuk lahan pertanian seluas 25.423 hektare (Ha).

Baca Juga: Peta Harta Karun di Provinsi Sumatera Selatan Terletak di 2 Desa Kecil Akses Jalan Terbatas Lebih Dikenal dengan Sebutan Pondok

Dengan begitu, hasil pertanian dari Provinsi Sumsel akan terus terjaga sepanjang tahun, karena mendapat aliran air yang baik dari bendungan ini.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Ditjen SDA Kementerian PUPR Birendrajana mengatakan, salah satu tujuan utama pembangunan Bendungan Tiga Dihaji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat