bdadinfo.com

Kabupaten Sigi! Segera Dibangun Bendungan dan Jaringan Irigasi Termegah Se-Indonesia Berhasil Bikin Sulawesi Tengah Kagum, Warga Makmur? - News

Bendungan dan Jaringan Irigasi, Kab.Sigi (Freepik)

- Pembangunan proyek strategis nasional di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah sedang dalam tahap pengerjaan baru dimulai yaitu Bendungan dan Jaringan Irigasi

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa pentingnya untuk terus melaksanakan pembangunan dan melanjutkan rehabilitasi infrastruktur.  

Rehabilitasi bendung dan jaringan irigasi dalam memastikan ketersediaan air untuk sawah dan petani bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Baca Juga: Jembatan Limpapeh, Jembatan Gantung Terkenal di Sumatera Barat yang Menghubungkan Antara Taman Margasatwa Dengan Benteng Bersejarah di Minangkabau

“Kita juga perlu terus membangun dan melanjutkan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk pemulihan sektor pertanian,” ucap Jokowi. 

“termasuk daerah irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca bencana tsunami dan likuifaksi 2018,” 

“Rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) di Gumbasa telah dimulai sejak 2016, kemudian terjadi bencana di 2018, dan alhamdulillah di 2024 selesai,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Butuh Waktu 6-7 Bulan, Kepulauan Bangka Belitung Siapkan 2 Pelabuhan Baru dengan Anggaran Rp153 Miliar, Ini Titik Lokasinya

Diketahui rekonstruksi Bendung dan Jaringan Irigasi pada Daerah Irigasi (DI) Gumbasa dengan layanan irigasi seluas 8.180 hektare (ha) di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Presiden juga mengatakan, rehabilitasi itu untuk meningkatkan indeks penanaman sebesar 151 persen.

Serta dapat juga meningkatkan produktivitas pertanian sehingga petani menjadi sejahtera.

Baca Juga: Kalimantan Timur Bangun Jembatan Sepanjang 90 Meter, Sejak Tahun 2014 Sudah Habis Anggaran Segini

“Itu akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 hektar persawahan dan meningkatkan indeks penanaman dari semula 149 persen menjadi 300 persen,” tutur Jokowi.

“Saya harap dengan rehabilitasi dan rekonstruksi Daerah Irigasi Gumbasa ini meningkatkan produktivitas pertanian kita,” 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat