bdadinfo.com

Bye-Bye Sumatera Utara! 5 Kabupaten dan Satu Kota Bersatu Kibarkan Bendera Provinsi Baru yang Beribukota Kota Salak Luasnya 159,28 km2 - News

Baca Juga: Jadwal Final BAC 2024: Jonatan Christie Main di Laga Keempat, Jadi Harapan Satu-Satunya Indonesia Raih Gelar

 - Provinsi Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera yang telah diterpah wacana pemekaran daerah terutama pembentukan provinsi baru.

Provinsi Sumatera Utara ini beribu kota di Kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km2. Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di Pulau Sumatera.

Pada akhir tahun 2023, penduduk Sumatera Utara berjumlah 15.471.582 jiwa, dengan kepadatan penduduk 210 jiwa/km2.

Terkait pemekaran di provinsi Sumatera Utara sudah lama bergulir. Dan, apabila pemekaran pembentukan provinsi baru tersebut.

Baca Juga: Lagi-Lagi Sumatera Kehilangan 4 Kabupaten? Provinsi Baru Bersiap-siap Lepaskan Diri dari Kekuasaan Sumut demi Kemajuan Daerahnya

Tentunya Kartu Tanda Penduduk masyarakat yang tinggal di wilayah itu tidak lagi di bawah naungan Pemerintah Sumatera Utara, melainkan provinsi baru tersebut.

Lantas, benarkah segera muncul provinsi baru yang dimekarkan dari Provinsi Sumatera Utara?

Seperti yang diketahui bahwa pemekaran suatu daerah dapat terjadi apabila sudah memenuhi persyaratan dan mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Melansir dari dpr.go.id, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa pemekaran daerah dapat dimungkinkan apabila sudah memenuhi syarat menjadi provinsi baru.

Baca Juga: Bournemouth vs MU: Walau Bermain Imbang 2-2, Tim Setan Merah Terdampar Ke Peringkat 7 Klasemen Premier League

Pendapat tersebut disampaikan Muhaimin Iskandar saat menerima dan menampung aspirasi tokoh masyarakat Tapanuli Bagian Selatan di Gedung Nusantara II pada Senin, 19 Januari 2009.

Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara ini tentu bertujuan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong pelayanan dalam segala bidang.

Terdapat lima kabupaten dan satu kota yang dikabarkan membentuk Provinsi Sumatera Tenggara, diantaranya:

Baca Juga: Andre Rosiade Tinjau Tol Trans Jawa Km 70, Cek Arus Balik Lebaran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat