bdadinfo.com

Riau Memang Cerdas! Punya Jembartan Baru Pecahkan Rekor Jadi yang Terpanjang di Nusantara Hubungkan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera - News

Pemerintah Kabupaten Bengkalis optimis pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Bengkalis -Pulau Sumatera (Sei Pakning) terwujudkan.

 - Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di provinsi Riau, Indonesia. Ibu kotanya berada di Bengkalis Kota.

Kabupaten Bengkalis mencakup daratan bagian Timur Pulau Sumatra dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 6.973,00 km².

Kabupaten Bengkalis memiliki jumlah penduduk Bengkalis pada akhir tahun 2023 sebanyak 658.846 jiwa.

Baca Juga: Brunei Bantah Terkait Proyek Kereta Cepat IKN - Brunei yang Memakan Biaya hingga Rp1.115 T, Begini Faktanya

Penduduk asli Bengkalis terdiri dari suku Melayu, suku Sakai dan suku Akik. Ibu kota kabupaten berada di kecamatan Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatra.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak.

Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri, yang berada di kecamatan Mandau.

Baca Juga: Gemerlapnya Infrastruktur! Sulawesi Barat Punya Bendungan Baru Sekaligus yang Pertama Senilai Rp1,02 triliun untuk 3.577 hektare

Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka.

Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Baca Juga: Flyover Super Megah dan Jadi yang Termahal di Sumatera Barat! Dengan Rp2,824 Triliun Siap Gerus Jalan Terekstrem Padang-Solok

Pemerintah Kabupaten Bengkalis optimis pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Bengkalis -Pulau Sumatera (Sei Pakning) terwujudkan.

Tidak tanggung-tanggung, bentuk rencana pembangunan yang digadang terpanjang di Indonesia ini di Pampang ke publik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat