bdadinfo.com

Kabupaten Riau Makin Jaya! Bakal Segera Dibangun Jembatan Terpanjang di Indonesia Membentang 6,1 km - News

Pembangunan jembatan terpanjang di Riau

- Wacana perencanaan pembangunan mega proyek jembatan di Kabupaten Riau nampak bukan lagi wacana dan memperlihatkan kemajuan karena akan segera menjadi nyata.

Jembatan yang terletak di Provinsi Riau ini nantinya akan menjadi penghubungan Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning Bukit Batu (Pulau Sumatera).

Digadang-gadang jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia karena membentang sepanjang 6,1 km.

Baca Juga: Brunei Bakal Bangun Megaproyek Kereta Cepat Lintasi Malaysia hingga IKN, Berapa Biaya yang Ditaksir?

Pembangunan jembatan ini juga dikabarkan akan didesain dengan istimewa bak di luar negeri dengan sistem buka tutup.

Jembatan ini diprediksi menghabiskan biaya fantastis mencapai Rp7 triliun sehingga membutuhkan usaha lebih ekstra agar bisa segera memulai pembangunan.

Pembangunan jembatan konektivitas wilayah Riau itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibilitas antarpulau terutama di wilayah Riau.

Baca Juga: Membludak! Kabupaten Tulungagung Kebanjiran Pengunjung Jalan Alternatif Terpanjang Jelang Libur Lebaran, Berikut Deretan Lokasinya...

Selain itu, pembangunan mega proyek jembatan ini agar nantinya mampu memberikan dampak positif dalam segi ekonomi di Riau.

Gubernur Edy Nasution mengungkapkan pembangunan Insfrastruktur jembatan ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperluas akses trasportasi, serta memperkuat integrasi antarpulau Bengkalis dan Pulau Sumatra.

“Tadi dilihat kan faktor jembatan ini dibangun karena ada alasan historis, ekonomi, strategis, kompromistis, dan logis. Itu semua teragumentasikan sehingga sampailah pada satu kesimpulan bahwa jembatan itu sangat diperlukan,” kata Edy dikutip Tim News pada Jumat, 5 April 2024.

Baca Juga: Ingin Menambah Pahala? Yuk Lakukan Amalan Ini Pada Malam Lailatul Qadar!

Namun untuk mewujudkannya, wacana pembangunan Jembatan Bengkalis-Pakning ini perlu melibatkan banyak pihak terutama pihak dari pemerintah pusat, dinas terkait, dan ahli teknis.

Strategi dan langkah konkret akan lebih mudah dilakukan jika saling bekerja sama mengatasi berbagai rintangan teknis maupun administratif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat