bdadinfo.com

Jembatan Limpapeh, Jembatan Gantung Terkenal di Sumatera Barat yang Menghubungkan Antara Taman Margasatwa Dengan Benteng Bersejarah di Minangkabau - News

Potret Jembatan Limpapeh Bukittinggi (rentalmobilpadang.co.id)

- Bagi para wisatawan yang ingin menikmati waktu liburan di Sumatera Barat pada akhir pekan ini, ada satu tempat yang bisa kalian kunjungi yaitu, Jembatan Limpapeh.

Jembatan Limpapeh, merupakan jembatan gantung ternama di Sumatera Barat yang paling layak untuk dikunjungi, karena memiliki panjang sekitar 90 meter, dan lebar mencapai 3,8 meter.

Jembatan ini, menjadi jembatan yang paling unik dan menakjubkan, sehingga mencerminkan keindahan arsitektur Minangkabau, dan warisan budaya di Sumatera Barat.

Baca Juga: Bus ALS Memang Jantan! Satu-satunya Bus Anak Medan Mampu Taklukkan Tikungan Patah di Kuburan Duo, Bus-bus Sumbar Kena Tekong Lintasan Sumatera

Jembatan Limpapeh dibangun pada tahun 1995, dan berlokasi di atas Jalan Ahmad Yani, Bukittinggi. tujuannya adalah mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung antara Taman Margasatwa Kinantan dan Benteng Fort de Kock.

Limpapeh, berasal dari bahasa Minang artinya "tiang tengah penyangga rumah gadang". Tidak mengherankan jika bagian dari jembatan ini memiliki nuansa khas Minangkabau.

Limpapeh, juga diartikan sebagai perempuan atau ibu, karena memiliki peran sebagai penyangga utama dalam keutuhan rumah tangga, bagi keluarga Minangkabau.

Dengan Jembatan Limpapeh dibangun sederhana tetapi, memiliki daya jual yang tinggi, sehingga banyak wisatawan dari luar Sumatera barat penasaran untuk datang ke tempat ini.

Kemudian, ingin mengunjungi dan jatuh cinta dengan objek wisata ini, tetapi hal tersebut bisa dinikmati secara keseluruhan jika datang pada hari liburan Nasional seperti libur Idul Fitri.

Baca Juga: Miris! Cerita Tentang Penggelapan Uang Pensi Ini Bikin Warganet Jadi Kesal

Saat Berjalan menyusuri jembatan ini, memang sangat nyaman dengan permukaan jembatan yang dibuat dengan alumunium, Pagar besi, tali, dan beberapa batang tebalnya terlihat sangat rapi.

Tidak hanya sekedar datang untuk sensasi bergoyang saja, tetapi juga bisa melihat sebuah pemandangan yang super cantik, dan paling cocok untuk mengabadikan momen tersebut.

Coba bayangkan baik itu perbukitan, pertokoan, serta beberapa mobil dan bus yang terlihat berlalu-lalang di sepanjang jalan perkotaan, bisa dilihat dari Jembatan tersebut.

Selain itu, jika diperhatikan secara saksama, dari sini bisa melihat bagian atas jam Gadang, Gunung Singgalang dan beberapa area sawah yang tampak hijau.

Bila cuaca cerah, bisa mendapatkan bonus berupa pemandangan gunung Marapi, sehingga menjadi tempat yang paling cocok untuk bisa menikmati pemandangan alam saat liburan.

Jembatan Limpapeh, berlokasi di atas jalan Ahamd Yani, Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kabupaten Kota Bukit tinggi, Sumatera Barat.

Untuk bisa memasuki objek wisata Jembatan Gantung, harus bisa melalui Benteng Fort De Kock atau juga Taman Margasatwa.

Bila melalui Benteng Fort De Kock, bisa naik bus dari SMAN 3 Bukit Tinggi Naik bus jurusan Pasar Bawah – Simpang Aur, lalu Turun di RSUD. DR. Achmad Mochtar, dan Kemudian jalan kaki kurang lebih 200 meter.

Baca Juga: Deretan Basis Lokasi Harta Karun di Indonesia Mampu Produksi 17,6 Miliar Ton, Nomor. 1 Terletak di Ibukota Baru Nusantara

Bila masuk dari Taman Margasatwa. bisa naik bus dari Terminal Aur Kuning, lalu Naik Bus dengan jurusan Belakang Pasar Aur – Gulai Gancah, dan Turun di Persimpangan Mandiangin. Kemudian berjalan kurang lebih 900 meter.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, bisa memilih untuk sewa mobil Camry, dimana saat ini banyak jasa terpecaya yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dengan sopir yang juga handal dan terpecaya.

Untuk harga tiket sendiri sudah setara dengan harga tiket masuk Taman Marga satwa atau Benteng Fort De Kock, untuk jam operasional akan dibuka pada pukul 9 pagi, dan tutup pada pukul 4 sore.

Jadi, tunggu apa lagi, mengingat liburan akan segera berakhir sehingga ini menjadi kesempatan penting untuk mengunjungi Jembatan Limpapeh, sebagai objek wisata ternama di Sumatera Barat.

Baca Juga: SZA Rayakan Idul Fitri Bareng Keluarga, Gaya Hijab dan Busana Cerah Curi Perhatian Netizen

Selain bisa melintasi jembatan yang panjang tersebut, kita juga bisa menikmati pemandangan alam di wilayah tersebut, sambil menghabiskan waktu liburan dengan selfie.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat