bdadinfo.com

Papua Minggir Dulu! PT Freeport Incar Kabupaten Seluma yang Meyimpan Lokasi Harta Karun yang Masih Perawan Belum Tersentuh Sebesar 1 Juta Ons Emas - News

Cadangan emas di Bengkulu ini terdeteksi sebanyak 1 juta ons pada tahun 2016 lalu. Satu juta ons sama dengan 280 gram/1 ons dalam hitungan kasarnya. Maka, tak heran jika tambang emas di Bengkulu disebut mampu menyaingi tambang emas PT Freeport.

 - Kabupaten Seluma adalah sebuah wilayah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tais.

Diketahui Kabupaten Seluma terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003.

Kabupaten Seluma ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahasa yang banyak digunakan selain bahasa Indonesia adalah bahasa Serawai, bahasa suku Serawai yang mendiami kabupaten ini.

Baca Juga: Diam-diam Bengkulu Kaya Raya! Punya Lumbung Harta Karun Emas Murni Melebihi Papua, Titik Lokasi Ladang Emasnya Terletak di Kawasan Hutan Lindung

Dulunya kabupaten Seluma ini masuk dalam kabupaten tertinggal sebab berpenduduk sedikit dan belum sama sekali berkembangnya potensi unggulan daerah, tetapi sejak tahun 2008.

kabupaten Seluma bukan lagi kabupaten tertinggal karena padi adalah potensi unggulan kabupaten ini. Sebab itu di setiap kecamatan kebutuhan padi, beras dan kebutuhan pangan sudah mencukupi.

Selain padi, potensinya juga pada sektor perikanan yang menjadi penghasilan utama masyarakat sekitar yang berada di pinggir pantai seperti kecamatan Pinoraya, Pantai Seluma dan lain-lain.

Saat ini, pihak Pemkab Seluma terus melangsungkan pembahasan Perda RTRW yang kali ini dibahas bersama pihak Provinsi Bengkulu melalui Zoom meeting di ruangan Asisten III, Setdakab Seluma.

Baca Juga: Han Hyo Joo Jadi CEO Perusahaan Daging Buatan, Intip Sinopsis Drakor Blood Free yang Sudah Tayang di Disney Plus

Potensi pembangunan skala nasional yang pelaksanaannya terhalang Raperda RT RW sehingga perlu pengkajian lebih detil.

"Sejumlah usulan perbaikan RTRW telah kita sampaikan agar bisa dibahas secara bersama dan dikaji lebih lanjut lagi kedepannya," kata Riduan Sabrin.

Beberapa usulan perbaikan perda RTRW kata Riduan, sudah disampaikan diantaranya soal kemudahan investasi pertambangan, bidang Perikanan, bidang pertanian serta beberapa bidang lainnya.

Termasuk wacana pembuatan PLTA yang merupakan salah satu potensi energi di Kabupaten Seluma.

“Potensi PLTA atas sungai yang ada di kabupaten Seluma sangat berpotensi untuk itu,”ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat