bdadinfo.com

Peta Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Terletak di Waterfront City Dikeruk Secara Brutal Oleh Penambang Liar - News

Memang tidak semua daerah mempunyai potensi tambang emas. Salah satu yang mempunyai tambang emas adalah Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

 - Sejak lama Kalimantan Barat banyak menyimpan titik lokasi harta karun berupa emas yang berlimpah di mana Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia.

Kalimantan Barat yang berada di pulau Kalimantan, dengan ibu kota atau pusat pemerintahan berada di kota Pontianak. Luas wilayah provinsi Kalimantan Barat adalah 147.307,00 km² (7,53% luas Indonesia).

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari.

Baca Juga: SMAN 3 Lengayang Pesisir Selatan Awali Hari Pertama Sekolah dengan Kerja Bakti

Kalimantan Barat terdapat beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut. 

Akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga: Peta Harta Karun di Provinsi Sumatera Selatan Terletak di 2 Desa Kecil Akses Jalan Terbatas Lebih Dikenal dengan Sebutan Pondok

Memang tidak semua daerah mempunyai potensi tambang emas. Salah satu yang mempunyai tambang emas adalah Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Tambang emas yang terdapat di kabupaten ini tidak saja terdapat di daerah daratan tetapi juga di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sungai besar, maka dikenal dengan sebutan waterfront city atau “kota air”.

Baca Juga: Selamat Tinggal Jambi! 3 Kabupaten Besar Ini Pindah Singgasana untuk Kibarkan Bendera Otonomi Baru yang Merdeka

Kota Pontianak sebagai ibukota provinsi mempunyai tipikal kota air/kota tepian sungai. Sungai-sungai yang ada di provinsi ini antara lain Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

Penambangan emas di Kalimantan Barat sejak dahulu sudah dikelola oleh masyarakat secara tradisional atau dengan cara mendulang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat