bdadinfo.com

Sebrangi Sungai Kapuas, Jembatan Gantung Senilai Rp13,65 Miliar Hadir di Kalimantan Barat, Ternyata Belum Lama Diresmikan - News

Jembatan Gantung Kareho Kalimantan Barat (instagram @kemenpupr)

- Pada Agustus 2023 lalu, Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Selatan baru saja meresmikan jembatan gantung terbaru.

Jembatan gantung ini tepatnya berlokasi di Desa Kareho, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Secara fungsi, Jembatan Gantung Kareho ini dapat membantu masyarakat untuk menyeberangi Sungai Kapuas menuju jalan nasional.

Baca Juga: Tabel Diagram Data Angka dan Gambar, Kunci Jawaban Matematika Kelas 1 SD/MI Halaman 226-228 Kurikulum Merdeka

Dahulu, sebelum Jembatan Gantung Kareho dibangun, masyarakat harus menyeberangi sungai sehingga membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama.

Waktu perjalanan bisa dihabiskan selama berjam-jam dengan melalui penyeberangan sungai.

Untuk menuju Kota Putussibau, masyarakat Desa Kareho harus menggunakan jalur transportasi sungai.

Baca Juga: Konstruksi Tol Jambi-Palembang Tahap 2 Mulai Bulan Mei 2024: PUPR Targetkan Proyek Mahal Sumatera Selatan Rampung Tahun Depan!

Adanya Jembatan Gantung Kareho ini membuat masyarakat menjadi semakin mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain menggunakan sepeda motor.

Jembatan ini juga sangat bermanfaat untuk mengangkut ibu hamil maupun orang sakit, tentunya dengan biaya yang relatif lebih murah.

Untuk mengangkut hasil pertanian saja, masyarakat perlu merogoh kocek hingga Rp2 juta untuk biaya bahan bakar perahu.

Baca Juga: Asalnya Bagian dari Wilayah Kabupaten Seluas 73,36 Km² di Sumatera Barat Naik Tahta Jadi Sebuah Kota Metropolitan Saingi Ibukota Padang

Belum dibangunnya jembatan ini membuat pengangkutan hasil perkebunan juga dilakukan dengan menyeberangi Sungai Kapuas.

Dengan jalur darat dan dibangunnya jembatan gantung ini maka pengangkutan hasil perkebunan menuju Kota Putussibau hanya membutuhkan ongkos yang lumayan terjangkau, hanya sekitar Rp300 ribu saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat