bdadinfo.com

Geger! Tomini Raya Bakal Pisahkan Diri dari Parigi Moutong hingga Didukung 6 Kecamatan, Janji Kesejahteraan Luar Biasa, dan Pembangunan Super Cepat - News

Tomini Raya Bakal Pisahkan Diri dari Parigi Moutong hingga Didukung 6 Kecamatan (Freepik.com/@tawatchai07)

- Wacana pemekaran wilayah di Indonesia terus bergulir, dan salah satu wilayah yang menjadi perhatian adalah Kabupaten Tomini Raya.

Calon kabupaten baru ini siap memisahkan diri dari Kabupaten Parigi Moutong dan mendapatkan dukungan penuh dari enam kecamatan.

Baca Juga: Ironi Mencengangkan di Balik Kekayaan Alam! Inilah 7 Kabupaten dan Kota Termiskin di Sumatera Barat, Padahal jadi Surganya Objek Wisata yang Menggoda

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Enam kecamatan yang mendukung wacana pemekaran ini adalah Tinombo, Tinombo Selatan, Sidoan, Tomini, Palasa, dan Mepanga.

Dengan potensi sumber daya alam dan ekonomi yang cukup besar, enam kecamatan ini berpendapat bahwa pembentukan Kabupaten Tomini Raya akan mempercepat pembangunan dan pelayanan publik.

Baca Juga: Selain Memiliki Kota Metropolitan Makassar, Pulau Sulawesi Juga Miliki 10 Kota Besar yang Menjadi Pusat Perekonomian dengan Penduduk Ratusan Ribu Jiwa

Calon Kabupaten Tomini Raya direncanakan memiliki luas sekitar 1.755 km² dengan jumlah penduduk sekitar 148.000 jiwa pada tahun 2023.

Tinombo diproyeksikan menjadi ibukota kabupaten, mengingat letaknya yang strategis dan perkembangan infrastruktur yang cukup pesat di wilayah tersebut.

Tujuan Pemekaran

1. Peningkatan Pelayanan Publik

Baca Juga: Kabar Baik! Jalan Tol di Aceh Ini Ditetapkan Masuk dalam Kategori Pembangunan Tahap III: Dimajukan dari yang Sebelumnya di Tahap IV 

Dengan wilayah yang lebih kecil dan terfokus, diharapkan pelayanan publik dapat lebih cepat dan efektif.

2. Pembangunan Infrastruktur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat