bdadinfo.com

Kalimantan Tengah Berduka! Wapres Tolak Mentah-Mentah Kemerdekaan Provinsi Baru, Guberbur Kalteng: Pemekaran ini sangat penting sekali, Pak Wapres! - News

Pemekaran Kalimantan Tengah dalam bentuk konkret, juga telah disampaikan usulan pembentukan Provinsi Kotawaringin kepada Menteri Dalam Negeri pada tahun 2021.

- Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan.

Ibu kotanya adalah Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah mempunyai 13 kabupaten dan 1 kota.

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah sebesar 153.564,5 km² yang menjadikannya sebagai provinsi terluas di Indonesia setelah Provinsi Papua dimekarkan menjadi beberapa provinsi baru pada tahun 2022.

Secara astronomis, Kalimantan Tengah terletak di antara 0°46' lintang utara hingga 3°33' lintang selatan dan 110°51' hingga 115°50' bujur timur.

Baca Juga: Sadis! Bank Sumut Tega 'Aniaya' Janda Tua 66 Tahun karena Hal Ini

Bagian utara provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari Pegunungan Muller Schwaner yang terdiri atas 52 bukit dengan ketinggian bervariasi, yaitu dari ketinggian 343 mdpl seperti Bukit Ancah sampai 2278 mdpl seperti Bukit Raya.

Bukit Batu Tatau dengan ketinggian 1652 mdpl berada di paling ujung timur berbatasan dengan Kalimantan Timur. Titik tertinggi wilayah Kalimantan Tengah terdapat di Gunung Batu Sambang dengan ketinggian 1660 mdpl.

Sementara itu, bagian selatan Kalimantan Tengah terdiri atas dataran rendah, rawa, dan paya-paya.

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki sebelas sungai besar dan tidak kurang dari 33 sungai kecil atau anak sungai. Keberadaan dari sungai-sungai tersebut menjadi salah satu ciri khas Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Belum Pastinya Hak Pengelolaan dan Renovasi GHAS dari Pemprov, Andre Rosiade: Semen Padang FC Siapkan Alternatif Stadion Madya dan PTIK

Sungai Barito dengan panjang mencapai 900 km dan berkedalaman mencapai delapan meter tersebut merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Tengah sehingga dapat dilayari hingga sejauh 700 km

Terkrait, wacana pemekaran di Provinsi Kalimantan Tengah terus bergulir sejak dan bukan lah hal yang baru namun telah lama didengar oleh publik.

Diketahui, Bahkan dalam bentuk konkret, juga telah disampaikan usulan pembentukan Provinsi Kotawaringin kepada Menteri Dalam Negeri pada tahun 2021.

Akan tetapi setelah dilakukan pemekaran 3 provinsi di Papua pada akhir tahun 2022 lalu hingga 2023, pemerintah tengah melakukan moratorium pemekaran wilayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat