bdadinfo.com

Kalimantan Utara Molor! Pembangunan Konstruksi Segera Dibangun Bendungan PLTA Termegah di Kabupaten Ini Melibatkan Banyak Kecamatan Disini... - News

PLTA Termegah, Kaltara (Freepik)

- Kabupaten Malinau yang berlokasi di Kalimantan Utara saat ini sedang dalam rencana pembangunan dalam bentuk jangka panjang yaitu Bendungan PLTA. 

Bertujuan untuk mengatasi banjir melanda ke beberapa kecamatan di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara beberapa hari lalu. 

Di mana salah satu penyebab karena meluapkan Sungai Mentarang dan Sungai Sesayap yang tidak dapat dikendalikan. 

Baca Juga: Terus Dikebut! Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Bandara Bercorak Hijau Termegah di Kalimantan Utara, Menyerupai IKN?

Sebabnya hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu Sungai Mentarang menjadi penyebab meluapnya sungai.

Selain meluapnya sungai hingga mampu menggenangi daratan di beberapa kecamatan yang dilintasi sungai tersebut.

Dengan tegas Pemerintah telah membuat solusi jangka panjang untuk mencegah banjir di Malinau. 

Baca Juga: Tahap Detail Engineering Design! Segera Dilanjutkan Konstruksi Pembangunan Jembatan Baru dan Terpanjang di Kalimantan Utara, Kapan Rampung?

Dibangunnya bendungan untuk PLTA (pembangkit listrik tenaga air) di Sungai Mentarang di Kec. Mentarang Induk, Kab. Malinau.

Pemerintah Kabupaten Malinau langsung melakukan evaluasi transisi tanggap darurat banjir dan kantor pmerintahan ikut terdampak.

Dr Ir Suheriyatna MSi, salah satu penggagas pembangunan PLTA Metarang Induk mengatakan hasil energi.

Baca Juga: Nggak Perlu ke Luar Negeri, Wisata Keliling Asia Paket Lengkap Bisa Dirasakan dalam 1 Tempat  di Riau, Cuma 5 Menit dari Jalan Tol Pekanbaru-Dumai!

Selain menghasilkan energi listrik, melalui pembangunan bendungan untuk PLTA ini dan juga bisa mengatur aliran air sebagai pencegah banjir.

Menurut Suheriyatna melalui bendungan di PLTA Sungai Mentarang ini nantinya bisa difungsikan sebagai pengendali banjir. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat