bdadinfo.com

Congratulation! 5 Provinsi Baru Naik Tahta Meninggalkan Singgasana Sumatera Utara Menuju Abad Kejayaan - News

Rencana pemekaran wilayah Sumatera Utara menjadi sorotan utama dengan pembentukan 5 provinsi baru. Salah satu yang menonjol adalah Provinsi Kepulauan Nias, meskipun masih ada moratorium DOB.

 

 - Pemekaran dan pembentukan provinsi baru Sumatera Utara terus menggeliat dan menjadi sebuah polemik baru di dalam masyarakat. 

Sebelum membahas lebih lanjut. Sebaik anda membaca terlebih dahulu profil Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra.

Provinsi Sumatera Utara ini beribu kota di Kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km2. Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia.

Setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di Pulau Sumatera. Pada akhir tahun 2023, penduduk Sumatera Utara berjumlah 15.471.582 jiwa, dengan kepadatan penduduk 210 jiwa/km.

Baca Juga: Peta Lokasi Harta Karun Emas Murni di Kabupaten Lumajang Terletak di Kawasan Seluas 15 Ribu Hektare

Provinsi Sumatera Utara terletak pada 1°–4° Lintang Utara dan 98°–100° Bujur Timur. Daratan di Provinsi Sumatera Utara seluas 72.981,23 km2.

Sumatera Utara pada dasarnya dapat dibagi atas Pesisir Timur, Pegunungan Bukit Barisan, Pesisir Barat, dan Kepulauan Nias.

Pesisir timur merupakan wilayah di dalam provinsi yang paling pesat perkembangannya karena persyaratan infrastruktur yang relatif lebih lengkap daripada wilayah lainnya.

Wilayah pesisir timur juga merupakan wilayah yang relatif padat konsentrasi penduduknya dibandingkan wilayah lainnya.

Baca Juga: Mengenang Mooryati Soedibyo: Kilas Balik saat Dirinya Bangun Usaha Mustika Ratu hanya dengan Modal Rp25 Ribu

Pada masa kolonial Hindia Belanda, wilayah ini termasuk residentie Sumatra's Oostkust bersama provinsi Riau.

Di wilayah tengah provinsi berjajar Pegunungan Bukit Barisan. Di pegunungan ini terdapat beberapa wilayah yang menjadi kantong-kantong konsentrasi penduduk.

Daerah di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir, merupakan daerah padat penduduk yang menggantungkan hidupnya kepada danau ini.

Pesisir barat merupakan wilayah yang cukup sempit, dengan komposisi penduduk yang terdiri dari masyarakat Batak, Minangkabau, dan Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat