bdadinfo.com

Kota Medan Turun Tahta? Kota Sibolga Naik Tahta dengan Memproklamirkan Sebagai Ibukota Kota Baru di Sumatera Utara yang Merdeka - News

Pelabuhan Sibolga

 

 - Sudah sejak lama polemik soal pemekaran di provinisi Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra ini terus bergulir ke publik.

Provinsi Sumatera Utara ini beribu kota di Kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km2 saat dihantui pemekaran daerah baik kabupaten maupun pembentukan provinsi baru.

Diketahui, Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di Pulau Sumatera.

Pada akhir tahun 2023, penduduk Sumatera Utara berjumlah 15.471.582 jiwa, dengan kepadatan penduduk 210 jiwa/km2.

Baca Juga: Sulawesi Selatan Terus Genjot Infrastruktur, Makassar Menuju Kemegahan! Bakal Bertransformasi Menjadi Kota Metropolitan Mamminasata

Sumatera Utara merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta, dan Surabaya serta kota terbesar di luar Pulau Jawa, sekaligus terbesar di Pulau Sumatra.

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kualanamu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api.

Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Berang! Harta Karun di Solok Selatan Rampok secara Besar-besaran sampai Hutan dan Sungai Kritis

Berbatasan dengan Selat Malaka, Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Pada tahun 2022, Kota Medan memiliki penduduk sebanyak 2.494.512 jiwa, dengan kepadatan penduduk 9.413 jiwa/km2.

Sejarah Medan berawal dari sebuah kampung yang didirikan oleh Guru Patimpus di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590.

Selanjutnya pada tahun 1632, Medan dijadikan pusat pemerintahan Kesultanan Deli, sebuah kerajaan Melayu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat