bdadinfo.com

Demi Naik Status! Kota Kecil Ini Minggat dari Padangsidempuan Bergabung Secara Tergesa-gesa ke Sumatera Utara Malah Ingin Geser Ibukota Medan? - News

Kota kecil ini terletak di pantai barat pulau Sumatera ada sebiah Kota Sibolga jaraknya sekitar 350 km dari Kota Medan, atau sekitar 8 jam perjalanan. Kota Sibolga hanya memiliki luas 10,77 km².

 

 - Sebuah kota mungil luasnya cuma 41,31 Km2 yaitu Kota Sibolga adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Di mana Kota Sibolga ini terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada pada kawasan Teluk Tapian Nauli.

 Kota Sibolga jaraknya sekitar 350 km dari Kota Medan, atau sekitar 8 jam perjalanan. Kota Sibolga hanya memiliki luas 10,77 km².

Dan berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Sibolga 2023, kota ini memiliki penduduk sebanyak 90.366 jiwa, dengan kepadatan penduduk 8.391 jiwa/km².

Baca Juga: Ini Alasan Israel Batal Serang Balik Iran Meski Negaranya Dibombardir Rudal dan Drone, Takut Terjadi Perang Regional?

Pada masa Hindia Belanda, kota ini merupakan ibu kota dari Keresidenan Tapanuli. Setelah masa kemerdekaan hingga tahun 1998, Sibolga menjadi kotamadya Sibolga.

Kota Sibolga terletak di pesisir barat provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di sebelah selatan Danau Toba. Wilayah Kota Sibolga terbagi menjadi daratan pantai, lereng, dan pegunungan.

Ketinggian wilayah Kota Sibolga berkisar antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Kemiringan lahan kawasan kota ini bervariasi antara 0-2 % sampai lebih dari 40 %.

Iklim kota Sibolga termasuk cukup panas dengan suhu maksimum mencapai 32 °C dan minimum 21.6 °C. Sementara curah hujan di Sibolga cenderung tidak teratur di sepanjang tahunnya.

Baca Juga: Analisis Data dalam Teks Laporan Hasil Observasi, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 18 Kegiatan 3

Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan November dengan jumlah 798 mm, sedang hujan terbanyak terjadi pada Desember yakni 26 hari.

Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Sarudik dan Pulau Panjang.

Kota Sibolga terdiri dari 4 kecamatan dan 17 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 10,77 km² dan jumlah penduduk sekitar 89.584 jiwa (2020) dengan kepadatan penduduk 8.318 jiwa/km²

Untuk perhubungan darat, Sibolga telah terhubung dengan kota-kota lain di Sumatera Utara, yakni dengan Padang Sidempuan, Pakkat, dan Tarutung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat