bdadinfo.com

Bumi Lancang Kuning Punya Ibu Kota Baru? Daerah Seluas 8.556,09 Km2 Naik Singgasana Baru Menuju Era Baru - News

Pembentukkan Kabupaten Siak disahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999. Undang-undang pembentukkan Kabupaten Siak tersebut lebih tepatnya mulai berlaku pada 4 Oktober 1999.

- Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pantai timur pulau Sumatra bagian tengah. Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka.

Sampai tahun 2004, provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau, sekelompok besar pulau-pulau kecil (pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah Timur Sumatra dan sebelah Selatan Singapura. Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004.

Ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau adalah Pekanbaru, dan kota besar lainnya setelah Pekanbaru adalah kota Dumai dengan kepadatan penduduk 75 jiwa/km², dan pada akhir 2023 berjumlah 6.861.237 jiwa peduduk.

Baca Juga: Tender Proyek Flyover Sitinjau Lauik Sudah Beres! Gubernur Mahyeldi Siap Temui Menteri PUPR: Pembangunan Siap Dikebut, Rampung Tahun 2025?

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat.

Tetapi, penebangan hutan yang merajalela telah mengurangi luas hutan secara signifikan, dari 78% pada 1982 menjadi hanya 33% pada 2005.

Rata-rata 160.000 hektare hutan habis ditebang setiap tahun, meninggalkan 22%, atau 2,45 juta hektare pada tahun 2009.

Deforestasi dengan tujuan pembukaan kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas telah menyebabkan kabut asap yang sangat mengganggu di provinsi ini selama bertahun-tahun, dan menjalar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Riau merupakan salah satu provinsi besar di Indonesia dengan wilayah yang cukup luas.

Seperti diketahui, Provinsi Riau terletak di pulau besar yang dimiliki oleh Indonesia, yaitu Pulau Sumatera.

Baca Juga: PLN Bagikan Tips Cegah Kebakaran akibat Kelalaian Korsleting Listrik

Selain Riau, di Pulau Sumatera juga berdiri beberapa provinsi lainnya, jumlahnya 9 provinsi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, total luas wilayah Provinsi Riau diketahui mencapai 89.935,896 Km2.

Provinsi yang dijuluki Bumi Lancang Kuning ini memiliki total penduduk yang sudah menyentuh di angka sekitar 6,61 juta jiwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat