bdadinfo.com

Peta Lokasi Harta Karun Emas Murni di Kabupaten Lumajang Terletak di Kawasan Seluas 15 Ribu Hektare - News

Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Lumajang, Nurul Huda mengatakan pemerintah telah mengeluarkan izin tinjau untuk meneliti kawasan seluas 15 ribu hektare di Kecamatan Pronojiwo, Tempursari, dan Candipuro.

- Kabupaten Lumajang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Lumajang Kota.

Kabupaten Lumajang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat.

Kabupaten Lumajang merupakan bagian dari wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana, khususnya letusan Gunung Semeru.

Baca Juga: Mengenang Mooryati Soedibyo: Kilas Balik saat Dirinya Bangun Usaha Mustika Ratu hanya dengan Modal Rp25 Ribu

Letusan akhir-akhir ini terjadi pada 4 Desember 2021, sekitar pukul 15.20 WIB. Wilayah yang paling terdampak yakni desa Supiturang, kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Kabupaten Lumajang terletak pada 112°53'–113°23' Bujur Timur dan 7°54'–8°23' Lintang Selatan.

Luas wilayah keseluruhan Kabupaten Lumajang adalah 1790,90 km2. Kabupaten Lumajang terdiri dari dataran yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi yaitu:

Baca Juga: JTTS Memanas, Sesudah Lebaran Makin Ramai Kendaraan yang Melintas: Ternyata Semuanya Gara-Gara Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara! 

-Gunung Semeru (3.676 m)

-Gunung Bromo (2.329 m)

-Gunung Lemongan (1.651 m)

Kabupaten Lumajang dikelilingi tiga gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan.

Baca Juga: Kekayaan Tiada Akhir! Sulawesi Tenggara Miliki Potensi Terbesar, Hasil Pertambangan Produksi Nikel CS Bakal, Gelontorkan Rp71 T Per Tahun?

Dari ketiga gunung berapi yang masih aktif tersebut, Gunung Semeru mendapat prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya karena seringnya terjadi aktivitas gunung berapi yang membahayakan masyarakat sekitarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat