bdadinfo.com

Harta Karun di Kota Kelahiran Tuanku Imam Bonjol di Pasaman Mau Digarap Besar-besaran, Bupati Sabar AS: Tahun Ini akan Dilakukan Eksplorasi! - News

 Kabupaten Pasaman memiliki lokasi harta karun berupa tambang panas bumi yang akan eksplorasi tambang panas bumi tahun ini di Bonjol, Kecamatan Bonjol.

- Kabupaten Pasaman adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Lubuk Sikaping.

Pada Awal di bentuknya kabupaten Pasaman ibukota kabupaten Pasaman terletak di Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Pasaman (sekarang wilayah Kabupaten Pasaman Barat).

Sebelum dipindahkan ke kecamatan Lubuk Sikaping.Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.947,63 km². 

Kabupaten Pasaman ini dilalalui oleh garis Khatulistiwa terutama di kecamatan Bonjol, Simpang Alahan Mati, dan Tigo Nagari.

Baca Juga: PT Freeport Jual Harta Karun Indonesia ke Amerika Serikat Sebesar 16,10 Ton Emas dengan Nilai Rp20 Triliun, Berapa Bagian untuk NKRI Ya?

Kabupaten Pasaman berbatasan langsung dengan provinsi Riau dan provinsi Sumatera Utara.

Seperti wilayah Indonesia lainnya, Sumatera Barat, khususnya Pasaman pernah dikuasai oleh kolonial Belanda.

Perang melawan penjajahan Belanda di Pasaman dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol yang dikenal dengan Perang Paderi (1821-1830).

Karena terlalu banyak permasalahan di kubu Tuanku Imam Bonjol menyebabkan dia dan pengikutnya mengalami kekalahan melawan Belanda.

Baca Juga: Waspada! BMKG Prediksi Keluarkan Peringatan Dini Prediksi Bakal Terjadi Hujan Deras Disertai Petir dan Angin di Sejumlah Wilayah Jakarta 24 April 2024

Sumber pendapatan utama kabupaten Pasaman berasal dari subsektor tanaman pangan.

Mesti demikian, Kabupaten Pasaman lebih dikenal karena produksi kelapa sawitnya. Pada tahun 2000, produksi kelapa sawit di kabupaten Pasaman tercatat sebanyak 788.446 ton. Jumlah tersebut dipanen dari areal seluas 78.387 hektare.

Di samping kelapa sawit, kabupaten Pasaman juga dikenal akan produksi minyak nilamnya.

Minyak nilam yang dihasilkan Pasaman, selain yang dihasilkan Kepulauan Mentawai, merupakan yang terbaik di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat