bdadinfo.com

Gara-Gara Izin Megawati Soekarnoputri Salah Kota di Sumatera Barat Membelot Dirikan Singgasana Kota Metropolitan - News

Kota Pariaman sebagai daerah otonom dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Padang Pariaman. Kota Pariaman diresmikan sebagai kota otonom oleh Menteri Dalam Negeri, Hari Sabarno pada tanggal 2 Juli 2002.

- Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang merupakan bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Sumatera barat jika dilihat dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: HJK ke-76, Bupati Pesisir Selatan Sampaikan Capaian Pembangunan Selama Kepemimpinannya

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Sukses Pecundangi Liverpool dalam Derby Merseyside, Everton Berhasil Mengukir Catatan Ini

Ternyata, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tercatat telah beberapa kali melakukan pemekaran wilayah.

Dari hasil pemekaran wilayah, daerah seluas 73,36 km² resmi terbentuk di Provinsi Sumatera Barat.

Daerah tersebut asalnya merupakan bagian dari wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Kemudian, dengan berbagai pertimbangan, daerah di Sumatera Barat ini diizinkan memisahkan diri dan mengalami peningkatan status.

Baca Juga: Viral! Keluhan Mahasiswa Baru Unsoed Trending di X Ramai, Minta Turunkan Biaya UKT Selangit Tembus Puluhan Juta

Lepas dari kabupaten induk, daerah di Provinsi Sumbar naik status menjadi kota otonom baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat