bdadinfo.com

Menggali Tertinggalnya Proyek Tol di Sumatera Barat! Suara Perantau, Tantangan Infrastruktur, dan Dinamika Politik - News

Proses Pembangunan Tol Padang Sicincin ini tidak mudah karena melewati berbagai kontur tanah yang beragam di mulai dari sungai, hutan, bukit, sawah, rawa.

- Pembangunan infrastruktur jalan tol menjadi salah satu indikator utama kemajuan suatu daerah.

Namun, di tengah klaim perkembangan ekonomi yang semakin membaik, Sumatera Barat ternyata masih tertinggal dalam proyek pembangunan Tol Padang-Pekanbaru.

Baca Juga: Selamat Datang! Lampung Selatan Bakal Menyambut 4 Nama Otonomi Baru, Peneliti Unila telah Kantongin Deretan Nama Kabupatennya

Meskipun ada upaya-upaya pembangunan yang terus dilakukan, terdapat fakta tak terbantahkan yang menunjukkan keterlambatan Sumbar dalam pembangunan tol.

Suara perantau, yang umumnya merasakan langsung dampak dari pembangunan infrastruktur, menggambarkan ketertinggalan Sumatera Barat dalam proyek tol ini.

Mereka merasakan betul betapa lambannya progres pembangunan tol di daerah tersebut.

Baca Juga: Lazio vs Juventus: Meski Kalah 2-1, Il Bianconeri Tetap Melaju ke Babak Final Coppa Italia Musim 2023/2024

Hal ini menjadi pembicaraan sejumlah perantau, terutama mereka yang berada di Pekanbaru, Riau, yang merasakan dampak langsung dari keberadaan tol tersebut.

"Pembangunan tol ini merupakan proyek yang diinisiasi oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah di sini seharusnya hanya bertugas untuk mempercepat proses pembebasan lahan. Namun, faktanya, proyek tol di Sumatera Barat baru mencapai Padangpariaman sejak tahun 2018. Ini sungguh memprihatinkan," ujar Amran, seorang perantau yang aktif merasakan kehidupan di Pekanbaru.

Baca Juga: Bangkit Bersama JTTS! Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Dimulai Menjadi Harapan Baru Sumbar Menuju Era Baru Punya 3 Terowongan Termegah di Asia Tenggara

Pembebasan lahan menjadi salah satu tantangan utama dalam pembangunan tol di Sumatera Barat.

Meskipun sejumlah pemilik lahan tidak menolak proyek tol, pembebasan lahan terkesan rumit dan memakan waktu yang lama.

Jika masalah ini tidak segera terselesaikan, harapan masyarakat Sumbar untuk menikmati infrastruktur jalan tol akan sirna.

Baca Juga: Analisis Teks Cerita Fiksi 'Barisan yang Menyenangkan', Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 10 11 12 Subtema 1

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat