bdadinfo.com

Kisah Nyata Penuh Inspirasi, Perempuan Asal Sawahlunto Mendulang Harta Karun Emas Peninggalan Zaman Belanda Taruhan Nyawa Demi Menyambung Hidup - News

 Kisah Ramadona, dia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk keluarga. Pada awalnya. Dia belajar dari pengalaman orang tua yang bekerja menjadi penambang emas skala kecil.

- Ada sebuah sosok perempuan tangguh asal Sawahlunto Sumatera Barat bekerja mendulang harta karun peninggalan zaman Belanda yang menarik dikulik ceritanya.

Berusaha tegar dan kuat dalam menghadapi tantangan besar ketika bekerja yang membutuhkan kekuatan fisik yang berat. Ergonomi dalam industri pertambangan merupakan salah satu syarat kerja.

Sebagian wanita yang tinggal di desa yang memproduksi batu bara, emas dan sebagainya memberanikan diri untuk bisa bekerja kasar dengan alasan ekonomi untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Soal Uji Kompetensi Bab 8 dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 234 235 Kurikulum Merdeka: Peluang Dadu

Setelah seharian melakukan latihan fisik, mereka harus melakukan pekerjaan rumah tangga untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

Kemampuan manajemen bagi wanita sangat penting. Perempuan harus pandai mencari solusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman, misalnya fasilitas yang berfokus pada perempuan.

Adanya penempatan perempuan di lingkungan pertambangan termasuk di sektor laki-laki tradisional juga menunjukkan bahwa masyarakat sedang mengubah wajah pertambangan.

Kisah Ramadona, dia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk keluarga. Pada awalnya.

Dia belajar dari pengalaman orang tua yang bekerja menjadi penambang emas skala kecil.

Setelah mencoba berbagai aktivitas penambangan, dia terus berusaha tanpa henti mempelajari menjadi penambang emas.

Baca Juga: Target Bakal Rampung Akhir Tahun 2024, Begini Progres Bendungan Raksasa Bulango Ulu di Provinsi Gorontalo

Saat bekerja di pertambangan emas, dia juga menghasilkan uang untuk menjaga keadaan ekonomi keuangan keluarganya.

Dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa, ia terbiasa menjadi penambang emas.

Ketika pandemi covid-19 merebak tahun lalu, dia terpaksa kehilangan pekerjaannya sebagai penambang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat