bdadinfo.com

Nggak Banyak yang Tahu! Ternyata di Sulawesi Ada Daerah yang Diam-Diam Bangun Terowongan Sepanjang 369 Meter: Proyeknya Tuntas Tahun 2024 ini - News

Bendungan Bulango Ulu di gorontalo ini diketahui memiliki terowongan sepanjang 369 meter. Proyek ini ditargetkan rampung di Oktober tahun 2024. (Dok: Hutama Karya)

- Salah satu daerah yang ada di Pulau Sulawesi diketahui tengah melangsungkan sebuah proyek pembangunan terowongan.

Lebih lanjut, pembangunan terowongan ini juga memiliki panjang yang tidak biasa hingga ratusan meter jauhnya.

Setelah ditelusuri, proyek pembangunan terowongan yang ada di salah satu daerah di Pulau Sulawesi ini adalah pembangunan sebuah bendungan raksasa.

Baca Juga: Dapat Jatah dari Pemerintah! Gorontalo Ketiban Mega Proyek Raksasa Senilai Rp1,2 Triliun: Pembangunannya Rampung Oktober 2024

Proyek pembangunan bendungan raksasa tersebut tepatnya berlokasi di Provinsi Gorontalo dengan nama Bendungan Bulango Ulu.

Pembangunan proyek infrastruktur Bendungan Bulango Ulu ini dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Proyek pembangunan Bendungan Bulango Ulu ini akan menjadi salah satu bendungan yang tertinggi di Indonesia mencapai 75 m.

Baca Juga: Sah! Tol Pertama Jambi Tidak Berhenti di Perbatasan, Terus Lanjut sampai Ibu Kota Provinsi: Rampung Awal Tahun 2025

Tidak hanya itu, Bendungan Bulango Ulu ini juga memiliki saluran pelimpah berbentuk terowongan sepanjang 369.06 m.

Diketahui, proyek pembangunan infrastruktur Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo ini digarap oleh Hutama Karya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menjelaskan, bahwa pembangunan bendungan merupakan upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pasokan air.

Baca Juga: Tol Jambi Semakin Panjang, Triliunan Dana Dikucurkan Demi JTTS Membentang Cantik: PUPR Siap Operasikan di Awal Tahun 2025!

Selain itu, Bendungan Bulango Ulu ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan beberapa manfaat lainnya bagi masyarakat utamanya di Kab. Bone Bolango.

Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo ini juga merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berdiri di atas lahan seluas 483.05 hektare. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat