bdadinfo.com

Masih Fungsional Tapi Jalan Tol Riau ini Sudah Dilintasi lebih dari 150 Ribu Kendaraan Kurang dari 2 Minggu: Kapan Sumatera Barat Bisa Menyaingi? - News

Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar di Riau ini mencatatkan angka lebih dari 150 kendaraan yang melintas meski tolnya dibuka secara fungsional. (Dok: Hutama Karya)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) perlahan terus menunjukkan progres positifnya.

Sejumlah proyek jalan tol baru rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera juga terus hadir silih berganti dari sejumlah daerah yang ada di Pulau Sumatera.

Satu diantaranya datang dari pembangunan jalan tol di Provinsi Riau. Salah satu jalan tol terbarunya diketahui telah dibuka fungsional selama Lebaran Hari raya Idulfitri tahun 2024.

Baca Juga: Nggak Banyak yang Tahu! Ternyata di Sulawesi Ada Daerah yang Diam-Diam Bangun Terowongan Sepanjang 369 Meter: Proyeknya Tuntas Tahun 2024 ini

Menariknya, meski dibuka secara fungsional jalan tol di Riau ini mencatatkan angka kendaraan melintas yang luar biasa.

Jalan tol baru Riau ini dilintasi oleh lebih dari 150 ribu kendaraan yang melintas hanya dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu saja.

Torehan ini juga berperan dalam tingginya arus kendaraan yang melintas di seluruh rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera selama Lebaran Hari raya Idulfitri tahun 2024.

Baca Juga: Dapat Jatah dari Pemerintah! Gorontalo Ketiban Mega Proyek Raksasa Senilai Rp1,2 Triliun: Pembangunannya Rampung Oktober 2024

Sebagaimana diketahui, selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024, Jalan Tol Trans Sumatera mencatat lebih dari 2.100.000 kendaraan melintas.

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 75 persen dari Volume Lalu Lintas (VLL) normal atau mengalami peningkatan 35 persen (YoY). 

Angka ini merupakan hasil akumulasi dari 9 (sembilan) ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah dioperasikan dan 2 (dua) ruas fungsional, satu diantaranya ada di Provinsi Riau.

Baca Juga: Sah! Tol Pertama Jambi Tidak Berhenti di Perbatasan, Terus Lanjut sampai Ibu Kota Provinsi: Rampung Awal Tahun 2025

Adapun jalan tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan seksi Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar.

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini pada 5 hingga 17 April 2024 mencatatkan lebih dari 160.000 kendaraan yang melintas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat