bdadinfo.com

Bye-Bye Sulawesi! 5 Daerah Angkat Koper dari Pulau Terbesar ke-11 di Dunia Naik Tahta dengan Memproklamasikan Provinsi Baru - News

Pemekaran dan pembentukan 5 calon provinsi baru di Pulau Sulawesi ini dikabarkan akan segera memisahkan diri. Pulau Sulawesi sendiri merupakan pulau terbesar ke 11 di dunia, dikabarkan bahawa ada 5 calon provinsi baru yang siap mekar

- Sulawesi dahulu pernah dikenal sebagai Celebes adalah sebuah pulau di Indonesia. Bentuknya seperti huruf K.

Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia.

Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina.

Di Indonesia, hanya Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya serta hanya Pulau Jawa, serta Pulau Sumatra yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Baca Juga: Sumatera Barat Disuntik Dana Nyaris Rp500 Miliar dari Pemerintah Pusat: Proyek di Solok Satu ini Kebagian Paling Banyak Se-Sumbar, Kapan Dieksekusi?

Bentang alam di Sulawesi mencakup empat semenanjung, yakni Semenanjung Utara, Semenanjung Timur, Semenanjung Selatan, dan Semenanjung Tenggara.

Ada tiga teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung ini, yaitu Teluk Tomini (Teluk Gorontalo) yang membentang di wilayah perairan selatan dari Semenanjung Minahasa, Semenanjung Gorontalo, dan Semenanjung Tomini (Tomini Bocht), Teluk Tolo di antara Semenanjung Timur dan Tenggara, dan Teluk Bone di antara Semenanjung Selatan dan Tenggara.

Selat Makassar membentang di sepanjang sisi barat pulau dan memisahkan pulau ini dari Kalimantan.

Selain itu, Sulawesi juga terletak di antara pertemuan tiga lempeng, yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal ini menyebabkan Sulawesi memiliki struktur tektonik yang sangat kompleks.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental Pria, Apa yang perlu Diketahui? Simak Penjelasannya

Sulawesi adalah pulau terbesar kesebelas di dunia dan meliputi area seluas 188.563,19 km2.

Bagian tengah pulau ini bergunung-gunung dengan permukaan kasar sehingga semenanjung di Sulawesi pada dasarnya jauh satu sama lain dan lebih mudah dijangkau melalui laut daripada melalui jalan darat.

Ada tiga teluk yang membagi semenanjung-semenanjung di Sulawesi, dari utara ke selatan, yaitu

Baca Juga: Mohon Bersabar! Rampung 100 Persen, Dermaga Pelabuhan IKN Baru Termegah dan Multifungsi Se-Asia Tenggara, Kapan Diresmikan?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat