bdadinfo.com

Presiden Joko Widodo akan Beri Dukungan Pembangunan SDM dan Fasilitas Kesehatan di RSUD Kondosapata Sulawesi Barat - News

Jokowi beri dukungan pembangunan SDM dan fasilitas kesehatan di RSUD Kondosapata Sulawesi Barat

- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), lakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Pj. Gubernur Sulawesi Barat dan Pj. Bupati Kabupaten Mamasa Muhammad Zain.

Presiden Jokowi meninjau infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di RSUD Kondosapata dengan mengecek loket pelayanan BPJS Kesehatan, serta poliklinik yang ada di RSUD tersebut.

Baca Juga: Usai Bawa Manchester United ke Final Piala FA, Erik Ten Hag: Kenapa Media Mengkritik?

Direktur RSUD Kondosapata dr. Riana Randabunga mengatakan bahwa saat ini RSUD Kondosapata masih belum memiliki banyak SDM terutama dokter spesialis serta kekurangan alat kesehatan.

"Kami tetap usulkan semua kebutuhan, cuma memang kami masih sangat kekurangan dokter spesialis," kata dr. Riana.

Ia berharap layanan spesialis seperti kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi dapat berlangsung di RSUD tersebut.

Baca Juga: Memahami Sejarah dari PT Freeport, Perusahaan Pertambangan Emas Milik Indonesia dan Dikuasai Bersama dengan Investor Asing

"Harapan kami setelah kunjungan presiden dan menteri kesehatan hadir di RSUD Kondosapata ke depannya yang memang sangat kami butuhkan adalah penambahan SDM, kemudian sarana dan prasarana terutama gedung yang ada saat ini, kami berharap bahwa dalam waktu dekat kami dibantu untuk perbaikan," ungkap dr. Riana.

Menurut Presiden Jokowi, peningkatan kualitas dan kuantitas SDM Kesehatan di Mamasa merupakan hal penting, oleh karena itu Presiden Jokowi akan mendorong peningkatan kesiapan SDM kesehatan dengan memberi kesempatan kepada para dokter umum untuk melanjutkan ke pendidikan spesialis.

"Berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM), terutama yang (dokter) spesialis kurang. Ini juga beberapa akan kita sekolahkan spesialis biar kesiapan SDM itu betul-betul ada disini," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Harta Karun di Kota Kelahiran Tuanku Imam Bonjol di Pasaman Mau Digarap Besar-besaran, Bupati Sabar AS: Tahun Ini akan Dilakukan Eksplorasi!

Presiden juha menambahkan, apabila infrastruktur dan peningkatan SDM telah terpenuhi, maka dilanjutkan dengan memenuhi peralatan medis canggih seperti cath lab, mammografi, dan CT scan akan diintegrasikan ke dalam fasilitas tersebut.

"Setelah itu, peralatan alat kesehatan, entah itu cath lab, mammografi, CT scan, semuanya akan kita masukan, tapi memang SDMnya harus siap," ucap Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat