bdadinfo.com

Siap Dioperasikan! Pembangunan Proyek PLTS MegaWatt IKN Bakal Jadi Terbesar, Ampuh Hidupkan Warga di Kalimantan Timur Bahagia Terus Pokoknya - News

PLTS IKN Termegah, Kaltim (Freepik)

- Mega proyek strategis nasional IKN yang masih terus berkelanjutan hingga saat ini dalam tahap pengerjaan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Ibu Kota Nusantara (IKN) yang masuk dalam tahap I dipastikan telah siap beroperasi akhir Februari 2024.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan menyatakan bahwa upaya untuk menggunakan produk lokal tengah dikebut oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: Cara Cek Program Indonesia Pintar PIP 2024, Penerima dan Saldo Dana Pelajar

PLTS IKN tahap I tersebut yang berkapasitas 10 megawatt dari total keseluruhan kapasitas PLTS yang nantinya mencapai 50 MW.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN.

Tahap 1 telah mencapai 62,65 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule). 

Baca Juga: 2 Jalan Tol Fungsional Paling Primadona Bagi Warga Sumatera, Salah Satunya Hubungkan Riau dengan Sumbar: Segini Jumlah Kendaraan yang Melintas

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," tutur Danis. 

Sementara untuk akumulasi luas bangunan pada proyek tahap I ini mencapai 53.893 meter persegi. 

Otorita Ibu Kota Nusantara bersama PT PLN (Persero) menyelenggarakan acara peletakan batu pertama Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebesar 50 Megawatt pada tahun 2023.

Baca Juga: BPN Padang Panjang Laksanakan Deklarasi dan Pemasangan Puzzel GSRA 2024

Beredar kabar bahwa semua bagian dari platform PLTS telah terpasang dan siap digunakan dari panel surya, inverter, ke trafo, hingga powerhouse control building sudah rampung dibangun.

PLTS tersebut juga yang dilengkapi gardu induk berkapasitas 50 MegaWatt beserta kabel transmisinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat