bdadinfo.com

3 Kabupaten Besar di Provinsi Jambi Ekspansi ke Provinsi Baru Sumatera Tengah Demi Naik Status dengan Ibukotanya Kabupaten Bungo - News

isu pementukan provinsi baru terus bergulir di mana ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang terlibat dalam pemekaran Provinsi baru Sumatera Tengah yaitu Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh.

 

 -  Polemik pementukan provinsi baru terus bergulir di mana ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang terlibat dalam pemekaran Provinsi baru Sumatera Tengah yaitu Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh.

Sebelum, membahas lebih jauh sebaik anda membaca terlebih dahulu profil Kota Jambi adalah sebuah kota di pulau Sumatra sekaligus merupakan ibu kota dari provinsi Jambi, Indonesia.

Jambi merupakan enklave dari kabupaten Muaro Jambi dan dibelah oleh sungai terpanjang di Sumatra yang bernama Batang Hari, kedua kawasan tersebut terhubung oleh Jembatan Aur Duri.

Baca Juga: Bagi Para Karyawan yang Upahnya Ditahan oleh Pemberi Kerja, 7 Ayat Alkitab Tentang Keadilan Ini Bisa Menolongmu

Kota Jambi ini memiliki luas sekitar 205,38 km² dengan jumlah penduduk pertengahan tahun 2023 sebanyak 633.650 jiwa.

Hari jadi Kota Jambi ditetapkan pada tanggal 28 Mei 1401 berdasarkan peraturan daerah Kota Jambi nomor 3 tahun 2014.

Dalam pertimbangan disebutkan bahwa penetapan hari jadi tersebut tidak lepas dari momentum sejarah ditemukannya tanah pilih oleh Raja Jambi, Putri Selaras Pinang Masak bersama sepasang angsa, yang terjadi pada tanggal 28 Mei 1401 masehi.

Berlokasi disepanjang rumah dinas komandan resort militer sampai ke Masjid Agung Al-Falah.

Terkait, isu pementukan provinsi baru terus bergulir di mana ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang terlibat dalam pemekaran Provinsi baru Sumatera Tengah yaitu Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh.

Diketahui pembentukan Provinsi baru Sumatera Tengah yang akan melibatkan Kabupaten Muara Bungo, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh sebagaimana tertuang dalam surat usulan nomor: 01/X/IPST-2022.

Yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, membawa harapan baru bagi masyarakat setempat untuk pembangunan yang lebih fokus dan peningkatan kesejahteraan dalam misi visi provinsi baru Sumatera Tengah.

Baca Juga: Pemkab Pesisir Selatan dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan Bahas Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, di bagian tengah pulau Sumatra, ibu kotanya berada di kota Jambi.

Provinsi dengan luas wilayah 50.160,05 km2 ini, pada tahun 2021 memiliki jumlah penduduk 3.548.228 jiwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat