bdadinfo.com

7 Kabupaten Naik Tahta! Provinsi Baru Sumatera Tengah Digadang-gadang Segera Terbentuk - News

7 Kabupaten Naik Tahta! Provinsi Baru Sumatera Tengah Digadang-gadang Segera Resmi Terbentuk (freepik)

 - Pulau Sumatera kembali mengguncang dunia pemekaran wilayah dengan kabar gembira.

Setidaknya terdapat 7 kabupaten yang terdiri dari 3 provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, dan Jambi, digadang-gadang resmi bergabung dan segera mendirikan Provinsi Sumatera Tengah.

Provinsi ini menandakan babak baru bagi 7 Kabupaten yang terdiri dari:
- Kabupaten Dharmasraya
- Kabupaten Sijunjung
- Kabupaten Solok Selatan
- Kabupaten Kuansing
- kabupaten Sungai Penuh
- Kota Kerinci
- Kabupaten Muara Bungo

Baca Juga: Lebih dari Sekedar Pembangkit Listrik, PLTA Peusangan jadi Simbol Kegigihan dan Harapan Baru untuk Aceh dan Indonesia

Perjalanan panjang pemekaran ini dimulai pada tanggal 27 Oktober 2022, ketika surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah diajukan.

Surat usulan pembentukan Provinsi Baru Sumatera Tengah tersebut diajukan oleh Zulfikar Atut Datuk Penghulu Besar Selaku Ketua Inisiator kepada Presiden Joko Widodo.

walaupun masih terbilang baru, wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tengah telah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak.

Baca Juga: Sempat Tertunda 30 Tahun, Proyek Legendaris Aceh yang Segera Beroperasi Ini Digadang jadi Tulang Punggung Energi Hijau Indonesia

Termasuk masyarakat yang berada di 7 Kabupaten yang akan bergabung.

Harapannya, provinsi baru ini dapat meningkatkan kesejahteraan, mempercepat perekonomian daerah, mengelola potensi daerah, dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Namun, perlu diingat bahwa proses pemekaran ini masih dalam tahap awal dan masih banyak hal yang perlu dikaji dan dibahas.

Pro dan kontra terkait pembentukan provinsi baru ini pun masih terus bermunculan.

Meskipun begitu, semangat untuk memajukan daerah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat terus berkobar di hati para inisiator.

Selain itu, perasaan yang menggebu dan semangat yang sama juga ditunjukkan oleh masyarakat di 7 Kabupaten yang ingin mewujudkan cita-cita pembentukan Provinsi Sumatera Tengah. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat