bdadinfo.com

Netizen Protes! Provinisi Baru Sumatera Tengah Cuma Akalan-akalan Busuk Belaka! Inilah Sosok Pendirinya yang Berasal dari Kabupaten Dharmasraya - News

Provinisi Baru Sumatera Tengah Cuma Akalan-akalan Busuk Belaka! Inilah Sosok Pendirinya yang Berasal dari Kabupaten Dharmasraya

 

 - Soal polemik provinisi baru Sumatera Tengah terus bergulir di dalam masyarakat di Sumatera Barat menjadi sebuah wacana yang mengundang pro kontra bagi publik saat ini.  

Provinsi baru yang diberi nama Sumatera Tengah akan dibentuk dan melibatkan sejumlah kabupaten.

Adapun tujuh kabupaten yang keluar dari Provinsi Sumatera Barat sebagai berikut:

Baca Juga: Sumbar Memang Tajir! Selama Seratus Tahun Lebih Harta Karun Emas Hitam di Sawahlunto Dikeruk Belanda Masih Tersisa 100 Juta Ton Belum Digarap

1. Kabupaten Dharmasraya
2. Kabupaten Sijunjung
3. Kabupaten Solok Selatan
4. Kabupaten Kuansing
5. Kota Kerinci
6. Kabupaten Bungo
7. Kabupaten Sungai Penuh

Kabupaten Dharmasraya calon ibukota Provinsi Sumatera Tengah pemekaran gabungan 3 provinsi. Yakni Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, dan Provinsi Riau.

Bahkan, sudah ada lahan untuk rencana perkantoran terpadu Pemprov Sumatera Tengah dikawasan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya tersebut.

Menurut Inisiator Provinsi Sumatera Tengah, Masful mengatakan surat yang 3 lembar 5 lembar dengan lampirannya itu belum cukup memerlukan kajian-kajian lainnya tentu ini adalah keputusan pemerintah pusat yang melakukan kajian apakah secara politis ini berpelurus syarat yuridis.

Apalagi itu yuridis politis dan ekonomis tentu kajian ini harus dilakukan oleh pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi ini yang tidak tunggu.

"Kami cuma mengidentifikasikan inisiator siapa tokoh-tokoh mungkin panitia nanti juga akan ikut di dalam itu sebagai orang Kerinci Iwan juga akan ikut dan seterusnya dan tidak ada orang yang ditinggalkan dalam ini ini adalah langkah awal yang kami lakukan untuk pemekaran ternyata mendapat sambutan luas baik dari 3 Provinsi tersebut maupun tujuh kabupaten kota itu termasuk oleh pemerintah pusat karena kita tidak membelah dari istana,"

seperti apa yang sudah ada feedback-nya sebagai indikator satu saja yang dipikirkan oleh pemerintah pusat Perpu tentang pemilu untuk Papua Barat baru lahir kemarin artinya ada perubahan terhadap undang-undang Pemilu.

Baca Juga: 3 Kabupaten Besar di Provinsi Jambi Ekspansi ke Provinsi Baru Sumatera Tengah Demi Naik Status dengan Ibukotanya Kabupaten Bungo

"Tadinya 575 anggota DPR ya menjadi 580 artinya 40 PC itu bertambahnya anggota DPD-nya cuma 5 kalau Sumatera Tengah ini nanti dijadikan sebuah provinsi satu ini saja Sumatera Tengah ini akan menambah dari 2 juta penduduk itu akan menambah 5 anggota DPR RI nya 45 anggota provinsinya dan seterusnya ke bawah," terangnya.

Mungkin nanti kalau Sumatera Tengah ini jadi Bungo itu bisa menjadi kota otonom baru bisa menjadi delapan Kenapa kemajuan dari Bungo itu sendiri sama dengan kota Kerinci yang berasal dari ke Kerinci.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat