bdadinfo.com

Sumbar Memang Tajir! Selama Seratus Tahun Lebih Harta Karun Legendaris di Sawahlunto Dikeruk Belanda Masih Tersisa 100 Juta Ton Belum Digarap - News

Selama seratus tahun lebih, batu bara telah dieksploitasi mencapai sekitar 30 juta ton, dan masih tersisa cadangan lebih dari 100 juta ton. Namun masa depan penambangan batu bara di kota Sawahlunto masih belum jelas, sebab cadangan yang tersisa hanya bisa dieksploitasi sebagai tambang dalam.

- Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Sawahlunto merupakan kota dengan angka kemiskinan terendah di Indonesia.

Sawahlunto juga termasuk kota dengan pendapatan per kapita kedua tertinggi di Sumatera Barat di mana mata pencarian penduduk sebagian besar ditopang oleh sektor pertambangan dan jasa.

Selain itu, sektor lain seperti pertanian dan peternakan juga masih diminati masyarakat.

Baca Juga: 3 Kabupaten Besar di Provinsi Jambi Ekspansi ke Provinsi Baru Sumatera Tengah Demi Naik Status dengan Ibukotanya Kabupaten Bungo

Bahkan beberapa kawasan sedang dikembangkan untuk menjadi daerah sentral industri kerajinan dan makanan kecil.

Selama seratus tahun lebih, batu bara telah dieksploitasi mencapai sekitar 30 juta ton, dan masih tersisa cadangan lebih dari 100 juta ton.

Namun masa depan penambangan batu bara di kota Sawahlunto masih belum jelas, sebab cadangan yang tersisa hanya bisa dieksploitasi sebagai tambang dalam.

Sedangkan dapat tidaknya eksploitasi tersebut sangat bergantung kepada penguasaan teknologi dan permintaan pasar.

Selain itu, penyelenggaraan pertambangan batu bara juga sedang mengalami reorientsi oleh berkembangnya semangat desentralisasi atau tuntuntan otonomi daerah yang membangkitkan keinginan masyarakat setempat untuk melakukan penambangan sendiri.

Penemuan cadangan batu bara di kota Sawahlunto telah mendorong pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api menuju kota Padang dalam mendistribusikan batu bara.

Pembangunan ini dimulai pada tahun 1889 dan selesai pada tahun 1896. Jalur kereta api ini selain menghubungkan kota Padang dengan kota Sawahlunto, juga mencapai kota-kota lain seperti kota Solok, kota Pariaman, kota Bukittinggi, kota Padang Panjang, dan kota Payakumbuh.

Baca Juga: Bagi Para Karyawan yang Upahnya Ditahan oleh Pemberi Kerja, 7 Ayat Alkitab Tentang Keadilan Ini Bisa Menolongmu

Namun akibat menurunnya produksi batu bara sejak tahun 2000, kegiatan pengangkutan batu bara dengan kereta api berhenti total.

Jarak tempuh dari Kota Padang ke Kota Sawahlunto sekitar 95 km. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan bus maupun kendaraan pribadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat