bdadinfo.com

Pemerintah Kucurkan Dana Percepatan JTTS, Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan Dapat Jatah Paling Banyak: Rp13 Triliun Dimakan Sendiri! - News

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan yang mendapatkan alokasi dana percepatan pembangunan dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Tol ini merupakan rangkaian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Instagram: Kemenpupr)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus diakselerasi oleh pemerintah.

Salah satu pihak pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Hutama Karya mendapatkan suntikan dana dari pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menjelaskan, penambahan penyertaan modal negara untuk Hutama Karya telah disetujui oleh Pemerintah.

Baca Juga: Sumatera Barat Disuntik Dana Nyaris Rp500 Miliar dari Pemerintah Pusat: Proyek di Solok Satu ini Kebagian Paling Banyak Se-Sumbar, Kapan Dieksekusi?

Dana penyertaan modal negara tersebut diberikan melalui UU Nomor 19 Tahun 2023 Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 yang diterbitkan pada tanggal 16 Oktober 2023.

Serta Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2023 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024.

Adapun besaran dana penyertaan modal negara yang diberikan pemerintah kepada Hutama Karya sebanyak Rp18,6 triliun.

Baca Juga: Digaspol 3 Perusahaan, Tol Pertama Provinsi Jambi Ngebut Tanpa Libur Supaya Rampung Tahun 2024: HK Ungkap Rahasianya

Dana tersebut ditujukan akan mengakselerasi pembangunan jalan tol di Sumatera khususnya penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera tahap 1 (satu).

Tidak hanya itu, dana penyertaan modal negara ini juga akan digunakan untuk melanjutkan pengusahaan pembangunan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera tahap 2 (dua).

Menariknya, Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang dikenal juga dengan Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan mendapatkan porsi yang paling banyak.

Baca Juga: HK Diguyur Dana Lagi Dari Pusat, Rp5 Triliun Siap Dihabiskan untuk Rampungkan Tol Padang-Sicincin Juli 2024 ini!  

Diantara sejumlah proyek jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Kapal betung ini mendapat bagian yang paling banyak, sebesar Rp13,42 triliun.

Rp13,42 triliun ini akan dialokasikan untuk penyelesaian pembangunan Jalan Tol Kapal Betung sepanjang 69 km yang masuk dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap dua. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat