bdadinfo.com

Mega Proyek Senilai Rp22 Triliun di Sumatera Selatan Ini Berpacu dengan Target, Sisakan Masalah Pembebasan Lahan: Rampung atau Mangkrak? - News

Ilustrasi proses pembebasan lahan pada ruas Jalan Tol Kapal Betung di Provinsi Sumatera Selatan. Rangkaian Jalan Tol trans Sumatera (JTTS) ini diketahui masih menyisakan sejumlah lahan yang belum dibebaskan di Pangkalan Balai. (Dok: Training SDM)

- Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu daerah yang masih disibukkan dengan pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera di daerah yang beribukotakan Palembang ini masih dalam proses pembangunan.

Salah satunya adalah proyek ruas Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang dikenal juga dengan Jalan Tol Kapal Betung.

Baca Juga: Waduh! Ditargetkan Rampung Bulan Juli Tahun 2024, Proyek Jalan Tol Pertama Jambi Ternyata Sisakan Masalah Pembebasan Lahan Seluas 5 Hektare: Mangkrak?

Jalan Tol Kapal Betung ini beberapa waktu lalu dikunjungi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam peninjauannya, Menteri PUPR, Basuki menyebutkan jika proyek Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan ini ditargetkan rampung di tahun 2025 mendatang.

Meski demikian, Jalan Tol Kapal Betung ini diketahui masih memiliki sejumlah bidang tanah yang belum terbebaskan.

Baca Juga: 78 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Jokowi Datang langsung Bangun Bandara Baru Megah: Sumatera Barat juga Ikut Kebagian!

Terkait pembebasan lahan di Jalan Tol Kapal Betung, pihak terkait diketahui akan menambah tim untuk melakukan percepatan pembebasan lahan di Pangkalan Balai.

Jalan Tol Kapal Betung dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp22,16 triliun dan merupakan jalan utama atau backbone Jalan Tol trans Sumatera.

Nantinya Jalan Tol Kapal Betung ini akan melintasi tiga kabupaten yakni: Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir dan kabupaten Banyuasin serta melintasi Kota Palembang.

Baca Juga: Beruntungnya! Mega Proyek Spesial di Provinsi Jambi ini Ditargetkan Rampung Bulan Mei 2024: Cuma Ada 3 Se-Indonesia

Jalan Tol Kapal Betung ini ke depannya akan dilanjutkan dengan rencana konstruksi Jalan Tol Betung Tempino Jambi.

Jalan Tol Betung Tempino Jambi sendiri nantinya akan dibangun dalam 4 (empat) seksi pembangunan, antara lain:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat